Berita

Kepergok Nyuri HP, Digelandang ke Kantor Polisi

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Pius Sakti Nando Silitonga (35) menangkap seorang pria pencuri handphone miliknya. Saat itu HP-nya sedang dicas dalam kamar rumahnya yang berada di Jalan Jendrral Sudirman, Kelurahan Aek Parombunan, Sibolga Selatan, Jumat (1/11/2019) lalu sekira pukul 20.10 WIB. Pelaku yang diketahui berinisial EL (35) warga Perumahan Matahari Aek Tolang, Tapteng, tersebut kemudian digelandang ke kantor Polisi.

Kapolres Sibolga AKBP Edwin Harindja dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin membenarkan pihaknya telah menerima pelaku pencurian berikut barang bukti yang diserahkan langsung oleh pemilik rumah. Menurut keterangan Pius, saat itu dia sedang mencas HP-nya di kamar. Sementara dia sedang berada di kamar mandi.

“Korban mengecas HP merk Oppo A37f warna silver di atas tempat tidur. Kemudian saksi pergi mandi,” kata Sormin menjelaskan keterangan korban Pius, Jumat (8/11/2019) lalu.

Usai mandi, lanjut Sormin, Pius kembali ke kamarnya. Sontak Pius kaget melihat HP-nya sudah tidak ada lagi di atas tempat tidur. Saat itu dia melihat seorang pria (EL) yang berusaha keluar dari rumahnya. Diapun bergegas mengejar dan berhasil menangkapnya. Awalnya, saat Pius menanyakan keberadaan HP-nya, EL tidak mengaku.

Tidak percaya dengan pengakuan pria yang kesehariannya diketahui sebagai nelayan tersebut, Pius pun berusaha merogoh saku celananya dan behasil menemukan Hp miliknya.

“Mana HP-ku, tetapi EL menjawab, tidak ada. Sehingga korban merogoh saku celana EL dan menemukan HP yang sebelumnya dicas. Selanjutnya, korban menyerahkan EL ke Polsek Sibolga Selatan dan membuat laporan,” ungkapnya.

Dari keterangan pria yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut, polisi mengetahui kalau pencurian dilakukan seorang diri dengan cara memanjat jendela kamar. “Cara mengambil barang, dia masuk ke rumah yang saat itu terbuka. Sementara, jendela tidak memakai jerajak. Dia melihat 1 unit HP dalam keadaan dicas di atas tempat tidur. Kemudian, tersangka masuk dengan cara memanjat,” terang Sormin.

Saat hendak kabur membawa hasil curiannya, masih kata Sormin menerangkan, pemilik HP memergokinya dan kemudian menyerahkannya ke kantor Polsek Sibolga Selatan. “Setelah HP diambil, si pemilik mengetahui.

Tersangkapun hendak lari, namun si pemilik dapat mengamankannya. Maksud tersangka mengambil HP tersebut, untuk memiliki,” pungkasnya.

Tersangka kini ditahan di RTP Polsek Sibolga Selatan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 5e Subsider pasal 362, dari KUHPidana, dengan ancaman hukuman 7 tahun. (ts)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close