Berita

Kepala Sekolah Penerima DAK Teken MoU

PALUTA, FaseBerita.ID – Plt Kepala Dinas Pendidikan Paluta Eva Sartika Siregar didampingi dan dikawal oleh TP4D Kejaksaan Negeri Paluta bersama 254 kepala sekolah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 lakukan sosialisasi DAK fisik pendidikan bidang SD dan SMP tahun 2019 di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Rabu (17/7/2019).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP penerima DAK fisik tahun 2019 dan dihadiri Kajari Paluta Andri Kurniawan, Kasi Datun Sahbana P Surbakti, Kabid Dikdas Ahmad Darlin Harahap dan Kabid Dikmen Nanda S Lubis.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Eva Sartika Siregar dalam sambutannya mengatakan bahwa sosialisasi ini memang perlu dilakukan agar semua tahu penganggaran DAK untuk apa dan bagaimana penggunaannya agar tidak terjadi kesalahan.

Eva menambahkan, pelaksanaan DAK mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 25/2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 123/2016 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus.

Kemudian, Permendikbud Nomor 25/2017 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 9/2017 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan yang tertuang dalam tugas dan tanggung jawab Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota, bahwa Dinas pendidikan wajib menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan mensosialisasikan pelaksanaan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan kepada Kepala Sekolah.

“Kepala Sekolah wajib mengikuti Bimbingan Teknis yang dilaksanakan Dinas Pendidikan yang tertuang dalam tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah,” katanya.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara Andri Kurniawan menegaskan bahwa sekolah penerima DAK Tahun 2019 harus mempergunakan anggaran negara itu sesuai juknis dari Kemendiknas supaya membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Paluta.

Ditanya, jika ada yang menyalahi dan menyelewengkan DAK ini, Kajari Paluta Andri mengatakan akan menindak tegas pelaku penyelewengan dana yang bersumber dari DAK.

“Sudah menjadi tanggungjawab kejaksaan. Kalau ada penyimpangan pasti akan kita tindak tegas, apalagi ini menyangkut dunia pendidikan,” tegasnya.

Sekretaris Dewan Pendidikan Paluta Aman Sudirman Harahap meminta kepada seluruh penerima DAK fisik tahun 2019 agar dalam pengerjaannya sesuai dengan juknis dari kemendiknas.

Kemudian, kepada TP4D agar menindak tegas kepada pelaku penyelewengan dana yang bersumber dari DAK, karena bantuan dari pemerintah itu diperuntukkan untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Paluta.

Usai sosialisasi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Pendidikan Paluta dengan kepala sekolah penerima DAK fisik tahun 2019. (ais)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close