Berita

Keluhan Petani Lereng Sorik Marapi Disahuti Bupati Madina

Pemda Kaji Pembuatan Bendungan

MADINA, FaseBerita.ID – Bupati Mandailing Natal (Madina) meninjau sungai Aek Macom dan sungai Aek Tongor di Desa Hutabaringin Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Minggu (18/8/2019).

Dua anak sungai tersebut merupakan sumber pengairan sawah warga di wilayah lereng Sorik Marapi.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution didampingi sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Madina seperti Kepala Dinas PUPR Syahruddin Lubis, Kepala Dinas Pertanian Taufik Zulhandra, Kadis Pemuda Olahraga Rahmad Lubis, Kabid Infokom Wildan Nasution, juga didampingi Camat Lembah Sorik Marapi, Aspan dan Camat Puncak Sorik Marapi, Akhiruddin Batubara.

Bupati Dahlan Hasan didampingi Kadis PUPR Syahruddin menyebutkan, pemerintah daerah saat ini sedang mengkaji pembuatan bendungan atau peninggian saluran irigasi sekunder serta membuat pintu air guna mencukupi air persawahan di dua kecamatan itu.

Camat Puncak Sorik Marapi Akhiruddin Batubara menyampaikan, kunjungan Bupati bersama sejumlah pimpinan SKPD ini merupakan rangkaian peninjauan hulu sungai Aek Tongor dan Aek Macom di Desa Huta Baringin guna menyahuti kebutuhan persawahan masyarakat setempat.

“Kunjungan untuk melihat langsung kondisi dua sungai tersebut sehingga nanti bisa digunakan untuk mengairi persawahan di Kecamatan PSM dan LSM, karena ini sangat dibutuhkan warga petani,” ujarnya.

Kabid Infokom Wildan Nasution kepada media ini juga menyebut, peninjauan dua anak sungai itu sekaligus bertatap muka dengan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, warga menyampaikan sejumlah keluhan mereka terkait produksi pertanian, termasuk kendala pengairan yang menyebabkan petani mengalami kekurangan air. (wan)

iklan usi



Back to top button