Berita

Keliling Haranggaol, WD: Potensi Wisata dan Perikanan Sungguh Luar Biasa

HARANGGAOL, FaseBerita.ID-Potensi Haranggaol baik di bidang wisata dan perikanan sungguh luar biasa. Pemandangan danau tidak kalah dengan daerah lain yang banyak dikunjungi wisatawan, namun kalah menarik karena akses yang masih jadi persoalan.

Hal tersebut disampaikan Calon Bupati Simalungun Irjen pol (Purn) Maruli Wagner Damanik saat mengunjungi beberapa daerah di Haranggaol Horisan, Minggu (8/11/2020)

Kunjungan WD ke Haranggaol Horisan sekaligus ibadah bersama masyarakat Sihalpe, lanjut blusukan ke Sirungkungan, Nagori Purba Pasir dan ngopi bersama warga kelurahan Haranggaol. Kehadiran Wagner Damanik ternyata sudah dirindukan warga Sihalpe.

Rombongan melalui kapal penyeberangan, terlihat jelas potensi pariwisata dan perikanan di Haranggaol ini. Untuk ke Sihalpe dan beberapa daerah disana, masih melalui jalur kapal karena jalan darat menuju daerah tersebut masih dalam tahap pembangunan dan informasinya mandek.

Dalam kunjungannya di Sihalpe, masyarakat antusias menerima pria yang berniat menjadi Parhobas Simalungun ini dan menitipkan pesan supaya ketika terpilih nantinya, daerah tersebut diperhatikan utamanya akses transportasi dan pengembangan daerah wisata untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Kemudian, kunjungan ke Sirungkungan, Purba Pasir, WD dengan warga sepakat untuk menandatangani kontrak politik pembangunan jalan dari Nagori Purba Pasir menuju Haranggaol sekaligus juga pengembangan tempat wisata Pantai Sirungkunganyang selama ini kurang diperhatikan.

Kunjungan  terakhir berada di Kelurahan Haranggaol. Ketika WD yang tiba tiba ingin menyapa dengan ngopi bersama masyarakat di warung kopi Kombar di kel Haranggaol. Warga yang terkejut melihat Wagner Damanik, langsung menyapa satu persatu dengqn bahasa khas “ partopi tao”.

WD yang langsung bergabung bersama warga dan terlibat langsung pembahasan soal kondisi masyarakat, sekali-kali melempar candaan kepada warga.

L Sinaga, salah satu warga mengakui betapa merakyatnya Wagner dan tidak kelihatan seperti jenderal dan terlihat seperti warga biasa yang langsung nyambung dengan pembicaraan warga.

“Jarang ada pemimpin seperti beliau, dari pandangan pertama saja sudah ngerti bahwa inilah pemimpin yang pantas didukung,”katanya.

Sementara Wagner Damanik mengatakan kepada warga, potensi Haranggaol terutama di pariwisata dan perikanan sungguh sangat tinggi.

“Seharusnya Presiden Jokowi juga datang ke daerah sini. Supaya beliau melihat langsung keindahan Simalungun. Pengembangan Haranggaol nantinya tidak cukup dari anggaran APBD Kabupaten Simalungun, harus ada usaha nantinya melobby di pusat sana. Saya yakin dengan jaringan yang saya punya, dan didukung potensi Haranggol ini akan banyak pembangunan dan kemajuan nantinya di Haranggaol ini,”kata Wagner Damanik.

Ditambahkan Wagner, jika masyarakat Simalungun memberikan kepercayaan kepadanya dan Calon Wakil Bupati Abidinsyah Saragih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, menjadi kewajibannya untuk pembangunan akses jalan yang menyambungkan Haranggaol, Tigaras, Sipolha dan Parapat. Kondisi sekarang beberapa ruas sudah di buka, namun masih terbengkalai.

Sementara Jansen Purba, warga setempat berharap WD yang menjadi pemimpin di Kabupaten Simalungun ke depan.

“Kita masyarakat Haranggaol, mari kita dukung beliau. Jangan sampai kita salah pilih dan terbuai dengan janji-janji yang lain,”kata Jansen.

Hal yang sama disampaikan oleh Faberlin Sipayung ketika WD berkunjung ke pantai  Sirungkungan Nagori Purba Pasir Haranggaol.

“Kami siap memenangkan WD-BISA demi Haranggaol dan Simalungun yang lebih baik,”katanya.(rel/fi)

iklan usi



Back to top button