Berita

Kasus Buku Bergambar Caleg Dilimpahkan ke Bawaslu

PARAPAT, FaseBerita.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Simalungun menerima pelimpahan berkas dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan tim sukses salah satu calon anggota DPRD dari Partai Demokrat, Kamis (28/3).

Pelimpahan berkas ini setelah lima komisioner Bawaslu dipimpin Ketua M Choir Nasution, didampingi Bobbi Dewantara Purba, M Alfi Nasution, M Adil Sagaih dan M Siahaan melakukan kunjungan kerja sekaligus supervisi ke kantor Panwaslu Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Rabu (27/3).

Komisioner Bawaslu Bobbi Dewantara, Kamis (28/3) mengatakan, pihaknya baru menerima berkas laporan dari Panwas Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Namun belum ditelaah, untuk seterusnya dilanjutkan sebagai kasus pelanggaran administrasi atau pidana, tergantung jenis pelanggarannnya.

Baca: Buku Tulis Bergambar Caleg Dibagi-bagi ke Murid SD

“Baru tadi siang kita terima. Nanti akan dibahas untuk menentukan jenis pelanggarannya. Jika administrasi akan dilaksanakan siding oleh Bawaslu, jika pidana maka akan dilanjutkan ke Sentragakkumdu,” kata Bobbi Purba.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Jesron Sihotang, didampingi Lenny Rajagukguk dan Runggu Samosir mengatakan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi pasca ditemukan adanya kegiatan bagi-bagi buku tulis bergambar salah satu Caleg dari Partai Demokrat di kompleks sekolah dasar di Parapat. Pihaknya sudah memeriksa saksi-saksi termasuk caleg yang bersangkutan. Beberapa kepala sekolah juga sudah dimintai keterangan. (ton/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button