Berita

Kartini, Inspirasi Perempuan Indonesia

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Jajaran Pemko Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Kartini tahun 2019, di Gedung Adam Malik, Senin (29/4).

Peringatan Hari Kartini ditetapkan pemerintah sebagai Hari Besar yang diperingati setiap tahun melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964 tanggal 2 Mei 1964 yang menetapkan Raden Adjeng Kartini (Kartini) sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi

Di Kota Padangsidimpuan, kegiatan Hari Kartini yang identik dengan peran wanita tangguh lagi mandiri mempersembahkan beberapa perlombaan, seperti lomba mengukir buah semangka, lomba merias wajah dan dilanjutkan lomba fashion show dengan pakaian daur ulang kertas, koran, maupun plastik antar OPD dan instansi vertikal se-Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dalam sambutannya mengharapkan dengan peringatan hari Kartini ini jiwa dan semangat Kartini menggelora dalam hati ibu-ibu di Kota Padangsidimpuan ini khususnya.

“Kartini adalah inspirasi dari sebuah cita-cita untuk memajukan perempuan Indonesia, jadi tugas ibu-ibu sekalian adalah melanjutkan dan mewujudkan cita-cita tersebut yaitu kesetaraan dan emansipasi kartini tertanam dalam sanubari Perempuan kota Padangsidimpuan,” ucap Irsan.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota, Wakil Walikota, Dandim 0212/TS, Wakapolres, Asisten, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Persit Kartika Chandra, Pimpinan OPD se-Kota Padangsidimpuan. (bsl)

iklan usi



Back to top button