Berita

Karir Mangapul Purba dari Putra Ladang hingga Politisi

FaseBerita.ID – Dengan latar belakang dari keluarga petani asal Saribudolok, Kabupaten Simalungun, nama Mangapul Purba kini cukup dikenal di kalangan politisi. Mangapul sudah melakoni sejumlah peran di partai politik, khususnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Diawali tahun 1998, Mangapul menjadi Satuan Tugas (Satgas) PDIP. Tahun 2000 menjadi pengurus Ranting PDIP Kelurahan Saribudolok. Kemudian, tahun 2002 menjadi pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Kecamatan Silimakuta. Tahun 2004 menjadi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Simalungun.

Masih di tahun 2004, Mangapul mengikuti pemilihan legislatif (pileg) dari PDIP dan dipercayakan rakyat menjadi anggota DPRD Simalungun. Mangapul pun menjabat sebagai Ketua Komisi II dan di tahun 2006 menjabat sebagau Ketua Komisi IV.

Lima tahun berlalu, di pileg 2009, Mangapul kembali maju dari PDIP dan lagi-lagi dipercayakan rakyat menjadi aggota DPRD Simalungun.

Di tagun 2009 hingga 2011, Mangapul menjabat Ketua Komisi III. Dan di tahun 2011 hingga habis masa periode di tahun 2014, Mangapul menjabat Ketua Komisi I.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3 4Laman berikutnya
Back to top button