Berita

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Karyanto Akan Gantikan AKBP Faisal F Napitupulu

KISARAN, FaseBerita.ID– Polri kembali melakukan mutasi dan promosi sejumlah pejabat tinggi (pati) hingga perwira menengah (pamen). Salah satu rotasi jabatan, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto dipindah menjadi Kapolres Asahan menggantikan AKBP Faisal F Napitupulu.

Informasi mutasi berdasarkan surat elektronik yang tertuang dalam Surat Telegram (TR) Kapolri No ST/387/II/KEP/2020, tanggal 3 Februari 2020, ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri atas nama Kapolri. Terdapat 79 perwira berpangkat Komisaris Besar dan AKBP yang bergeser.

Telegram Kapolri itu ramai beredar di pesan berantai aplikasi whatsapp khususnya bagi masyarakat Asahan dimana terdapat mutasi jabatan Kapolres Asahan yang bakal berganti dari AKBP Faisal Florentinus Napitupulu kepada AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang sebelumnya menjabat  Kapolres Natuna di Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara AKBP Faisal diangkat menjadi Wakil Direktur Ditreskrimum Polda Sumut.
Sementara itu, AKBP Faisal Napitupulu merespon pertanyaan wartawan dari whatsapp group membenarkan adanya mutasi itu. “Terimakasih untuk semua rekan rekan wartawan yang selama ini membantu saya dalam menjalankan tugas. Mohon doa restu, semoga tetap amanah dalam pengabdian ini,” ujarnya.

Faisal Napitupulu, memang bukan orang baru bagi masyarakat Asahan. Sebelum menjabat menjadi Kapolres dia juga pernah bertugas sebagai Kabag Ops Polres Asahan di Asahan. Beberapa tahun kemudian kembali lagi ke bumi rambate rata raya.

Perwira polisi yang mengaku saat ini memiliki identitas kependudukan e-KTP  di Kabupaten Asahan itu, kurang lebih menjabat satu tahun lima bulan atau sejak November 2018 di Asahan. Saat itu, Faisal promosi sebagai Kapolres Asahan menggantikan Yemi Mandagi yang saat ini menjabat sebagai Kapolresta Deli Serdang.
Selain AKBP Faisal Napitupulu di jajaran Polda Sumut juga terdapat mutasi pamen yang promosi jabatan Kapolres Padangsidimpuan dari AKBP Hilman kepada AKBP Juliani Prihartini yang sebelumnya Kasatlantas Polrestabes Medan.

Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi juga diganti karena dipercaya menjadi Kadubditsidik II Ditsidik Densus 88 Antiteror Polri. Pengganti Sunadi adalah AKBP James Parlindungan Hutagaol yang sebelumnya merupakan Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya.

AKBP Doddy Hermawan yang kini menjabat sebagai Kapolres Langkat juga dirotasi. Dia digantikan oleh AKBP Edi Suranta Sinulingga yang sebelumnya menjabat Kasubbagpamkol Yanma Polri. Kapolres Mandailing Natal AKBP Irsan Sinuhaji juga dirotasi. AKBP Irsan dipercaya menjadi Wakapolrestabes Medan. Sementara itu, posisi Kapolres Mandailing Natal bakal diisi oleh AKBP Horas Tua Silalahi. AKBP Horas sebelumnya merupakan Kanit IV Subditteror dan Radikal Ditkamsus Baintelkam Polri. (per/fi)

Unefa

Pascasarjana


Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close