Berita

Kapoldasu Pimpin Sertijab 6 Kapolres: Humbahas Dijabat AKBP Rudi Hartono

FaseBerita.lD – Hari pertama bertugas sebagai Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin langsung memimpin serah terima jabatan (sertijab) 6 Kapolres, Rabu (18/12).

Sertijab digelar di Aula Tribrata Mapolda Sumut. Keenam jabatan Kapolres yang diserahterimakan yaitu Kapolres Sergai dari AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu ke AKBP Robinson Simatupang. Kemudian, Kapolres Pelabuhan Belawan yang sebelumnya dijabat AKBP Ikhwan Lubis kini dipegang AKBP M Rahmani Dayan.

Selanjutnya, Kapolres Batubara dari AKBP Robinson Simatupang ke AKBP Ikhwan Lubis, Kapolres Binjai dari AKBP Nugroho Tri Nuryanto ke AKBP Romadhoni Sutardjo, Kapolres Sibolga dari AKBP Edwin Hatorangan Hariandja ke AKBP Triyadi, dan Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) dari AKBP M Rahmani Dayan ke AKBP Rudi Hartono.

Kapoldasu, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, sertijab di lingkungan Polri merupakan salah satu proses pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui regenerasi struktural, untuk mengisi jabatan strategis guna kepentingan organisasi.

“Kita maklumi bersama tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanat sekaligus kepercayaan, karena di dalamnya mengandung konsekuensi. Artinya, saat ini dilantik maka kita harus siap besok hari diganti,” ujar Martuani dalam amanatnya.

Martuani menyatakan, selama bertugas di Polda Sumut dan jajaran tentunya sudah paham betul peta kerawanan kamtibmas dan karakter masyarakat Sumut. Karenanya, dalam bertugas pada jabatan yang baru tidak memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi.

“Harus mampu menampilkan operasional kepolisian yang baik dalam mengantisipasi kerawanan kamtibmas dan mampu menjalin kemitraan yang sinergis bersama potensi masyarakat,” tegas Martuani.

Kapoldasu menginstruksikan para Kapolres yang baru dilantik agar dapat segera mengimplementasikan Tujuh Program Prioritas Kapolri dan Commander Wish Kapolda Sumut.

Mulai dari menjalin kerja sama yang sinergis dengan para pejabat utama dan Kasatwil sejajaran Polda Sumut lainnya. Dengan begitu, tercipta soliditas dalam rangka kesuksesan pelaksanaan tugas.

“Melalui Commander Wish kebijakan dan strategi Kapolda Sumut, tentu memiliki arah dan motivasi dalam pelaksanaan tugas guna menekan angka kriminalitas yang menjadi perhatian masyarakat. Seperti curat, curas dan curanmor, peredaran narkoba dan kasus-kasus lainnya. Terlebih, tugas sudah di depan mata untuk pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 serta Pilkada 2020 mendatang,” tegas Martuani sembari menambahkan, lebih baik mencegah dari pada menanggulangi.

Lakukan perubahan terhadap mindset dan culture Setpara anggota ke arah yang lebih baik. Sekadar diketahui, adapun 7 Program Prioritas Kapolri, yakni, Mewujudkan SDM yang unggul; Pemantapan HARKAMTIBMAS; Penguatan Penegakan Hukum yang Prefesional dan Berkeadilan; Pemantapan Manajemen Media; Penguatan Sinergi Polisional; Penataan Kelembagaan serta Penguatan pengawasan. (ris/ila/smg)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button