Berita

Kapal RO-RO 300 GT Diluncurkan Menambah Pelayanan Transportasi Danau Toba

TOBASA, FaseBerita.ID – Kapal Penyeberangan dan Penumpang RO-RO 300 GT untuk alat transportasi Danau Toba milik Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, resmi diluncurkan di Pantai Pasir Putih Parparean Porsea, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sabtu (9/11/2019).

Dalam acara peluncuran Kapal Ro-Ro ini, Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan rasa terimakasih kepada Dirjen Perhubungan Darat atas Peluncuruan Kapal RO-RO yang kedua setelah dibangunnya Kapal Ihan Batak pada tahun 2018 lalu. Serta, pelaksanaan pembangunan yang ada di Danau Toba khususnya di Tobasa.

“Seperti, pembangunan dermaga di Balige dan juga di Ajibata saat ini masih dalam pengerjaan. Pembangunan Kapal RO-RO 200 GT yang pada hari ini juga dimulai peletakan Lunas. Terimakasih banyak Pak Dirjen atas programnya,” sebut Bupati Tobasa.

Sementara, Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol Drs. Budi Setiyadi SH mengatakan, Kapal RO-RO 300 GT ini adalah kapal kedua yang diselesaikan untuk sarana transportasi Danau Toba.

“Dirjen Perhubungan Darat memang sudah sejak dua tahun lalu sudah melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan, baik kualitas, pelayanan kita terhadap masyarakat, juga pemenuhan sarana-sarana dan prasarana di Danau Toba untuk kebutuhan yang lebih maksimal,” sebut Dirjen Budi.

Diketahui, Kapal RO-RO 300 GT ini milik Satuan Kerja Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumut, dan dikerjakan PT DOK BAHARI NUSANTARA dengan muatan penumpang sebanyak 180 orang, truk muatan 10 ton sebanyak 12 unit, jenis Sedan/MPV/SUV 1.5 ton 3 unit, dan setara dengan kendaraan jenis MPV/Sedan/SUV 1.5 ton sebanyak 21 unit. Ukuran Utama RO-RO II ini panjang 39,38, lebar  11 m, kecepatan mencapai 11 Knots, juga akan menampung ABK sebanyak 10 orang. Dan rencananya Kapal RO-RO II ini akan melayani rute Ajibata-Ambarita.

Menurut laporan dari Direktur Transportasi SDP Chandra Irawan, Kapal RO-RO 300 GT ini merupakan anggaran dari APBN. Dengan alokasi waktu 15 bulan, selesai direncanakan pada bulan Desember ini. Hal itu disebabkan karena ada perubahan-perubahan desain, yang tadinya besar dan kemudian diperkecil.

“Pagu anggaran sebenarnya 53 miliar, namun pada pelelangan didapat senilai 31 miliar nilai kontrak. Kapal RO-RO 300 GT ini akan diberikan interior yang lebih baik dari sebelumnya, juga kebisingan kedap suara yang baik. Jadi kami minta kepada Direktur Dock Bahari Nusantara untuk menyesuaikan itu karena bulan depan jika sudah selesai akan diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan. Mudah-mudahan dalam Minggu ini nama kapalnya akan ditetapkan sesuai dengan pengajuan dari pemerintah daerah. Atas persetujuan dari Menteri Perhubungan dan Menkomaritim,” terang Chandra Irawan.

Turut Hadir pada acara peluncuran Kapal RO-RO ini, Direktur Utama PT Dok Bahari Nusantara Sophan Sophian ST, Direktur Transportasi SDP IrChandra Irawan, Dishub Sumut, Kajari Balige DR Robinson Sitorus SH MH, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Kapolres Taput AKBP Horas M Silaen, Kapolres Samosir AKBP M Saleh, tokoh agama, tokoh adat Wilson Napitupulu, serta undangan lainnya. (os/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close