Berita

Kapal Asal Tapteng Ditangkap di Perairan Aceh Singkil

TAPTENG, FaseBerita.ID – Tim gabungan Dinas Kelautan dan Perikanan bersama Pol Airud Aceh Singkil mengamankan satu kapal yang diduga kuat melakukan aktivitas illegal fishing. Kapal yang diketahui berasal dari Kabupaten Tapteng (Tapanuli Tengah) ini ditangkap saat sedang menarik ikan mengunakan pukat harimau di Pulau Birahan, Aceh Singkil, Jumat (15/11/2019) lalu.

Informasi didapat, tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kelautan dan Perikanan bersama Pol Airud Polres Aceh Singkil, menangkap satu unit kapal yang menggunakan pukat tarik atau pukat harimau. Kapal dengan nama KM Laut Biru GT 5 itu diketahui berasal dari Tapteng membawa lima awak. Kapal diakui milik marga Simanullang, dan kelima awak berasal dari Tapteng dan Sibolga.

Sebelum melakukan penangkapan, petugas sempat memberikan tembakan peringatan agar awak kapal kooperatif dan menyerahkan diri.

Dikutip dari tayangan Serambi TV yang beredar di media sosial, Kepala Bidang Pengelolan Sumber Daya Perikanan Aceh Singkil Chazali mengatakan, mulanya pihaknya mendapat informasi adanya aktivitas illegal fishing di perairan singkil tepatnya di dekat Pulau Birahan.

Mendapat info tersebut, bersama petugas dari Polsek Airud Polres Aceh Singkil, mereka pun melakukan penyelidikan. Dan ditemukan satu unit kapal sedang melakukan aktifitas menarik ikan menggunakan jaring yang diduga kuat jenis pukat harimau.

Pihaknya langsung memberikan tembakan peringatan dan meminta agar kapten kapal menghentikan kapalnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata benar, Kapal Motor Laut Biru jenis GT 5 itu sedang melakukan aktivitas illegal fishing.

“Bahwa barang bukti kapal, dan alat tangkap serta tersangka telah diamankan di Pol Airud Polres Aceh Singkil,” tukasnya. (yza)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close