Berita

Kantor Desa Bangun Asahan Nyaris Terbakar: Diduga Sengaja Dibakar

FaseBerita.ID – Salah satu ruang kantor Kepala Desa Bangun, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Kamis (19/3) sekira pukul 02.30 WIB, diduga dibakar orang tak dikenal (OTK). Pantauan di lokasi kejadian, kebakaran tersebut hanya menghanguskan kertas DPT Pemilu 2019 dan dua unit mesin ketik yang sudah tidak terpakai di gudang arsip.

“Kejadiannya sekitar jam dua malam, pertama kali diketahui seorang warga pulang dari lek-lekan. Saya mendapat informasi itu datang ke kantor desa bersama warga, karena pintu gudang arsip dikunci terpaksa saya dobrak dan menyiram api dengan air seadanya,” kata Kades Bangun Supardi, Kamis (19/3) kepada wartawan.

Menurut Supardi, umbul-umbul yang dibakar dengan menggunakan minyak bensin diduga diambil dari depan kantor kepala desa yang dipajang di pinggir jalan.

“Umbul-umbul itu dibakar dan dimasukkan ke dalam gudang arsip melalui lobang kosen cendela. Untung saja cepat diketahui warga, kalau tidak habislah kantor desa terbakar semua,” terang Kades.

Sementara, Camat Pulau Rakyat Aspihan yang datang ke lokasi kebakaran bersama Kapolsek Pulau Raja AKP AR Manurung, meminta kepada Kepala Desa Bangun untuk segera membuat laporan tertulis atas terjadinya kebakaran ini.

“Kepada warga saya meminta agar tenang dan tidak mengkait-kaitkan kejadian ini dengan pelaksanaan Pilkades Bangun yang berjalan lancar, aman, dan terkendali,” ujar camat.

Demikian halnya Kapolsek Pulau Raja AKP AR Manurung. Dikatakannya, meskipun kebakaran yang terjadi ini tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian tidak besar, pihaknya tetap akan melakukan pengusutan dan memberikan tindakan tegas kepada pelakunya.

“Kita tetap akan melakukan pengusutan meskipun akibat peristiwa kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi yang tidak besar, dan menindak pelakunya bila terbukti melakukan pembakaran kantor desa,” tegas Kapolsek. (per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button