Berita

Kampanye Rapat Umum Pileg 2019 di Asahan Kosong

MEDAN, FaseBerita.ID – Tidak seperti pemilu pada periode-periode sebelumnya, kampanye akbar ataupun kampanye rapat umum pada pemilu kali ini tampaknya tidak lagi dianggap perlu oleh partai politik.

Buktinya, dari 16 partai politik yang mengikuti Pileg tahun ini, di Kota Medan baru satu partai politik yang menjadwalkan kampanye akbarnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan. Selebihnya, kosong.

“Pengajuan jadwal kampanye akbar atau kampanye rapat umum bukan ke pihak KPU, tetapi ke pihak kepolisian dan Bawaslu. KPU hanya menerima surat tembusannya. Nanti setelah Parpol mendapatkan izin dari pihak kepolisian dan Bawaslu, barulah kampanye diselenggarakan. KPU kan sifatnya sebagai penyelenggara, bukan pemberi izin. Kalau izinnya sudah oke, tentu KPU juga oke. Tetapi hingga saat ini, surat tembusan yang masuk ke KPU Kota Medan baru dari satu partai politik yakni NasDem,” ucap Komisioner KPU Kota Medan M Rinaldi, Minggu (31/3).

Dalam suratnya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyebutkan akan melakukan kampanye rapat umumnya pada tanggal 4 (April), di Lapangan Gajah Mada, Medan Timur. Meski hingga H 8 sejak jadwal kampanye dibuka, baru Partai NasDem yang mendaftar. Menurut Rinaldi, tidak tertutup kemungkinan jumlah partai politik yang mengajukan jadwal kampanyenya, bertambah.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button