Berita

Kamis Putih dan Jumat Agung, Ephorus GKPS Imbau Jemaat Ibadah di Rumah

FaseBerita.ID – Ephorus GKPS Pdt Rumanja Purba menegaskan, bagi Jemaat GKPS dimanapun berada agar mengadakan ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung (Paskah 1 dan 2) di rumah masing-masing.

Imbauan ini mengingat Covid-19 yang kini mewabah di Indonesia termasuk Sumatera Utara bahkan Siantar Simalungun.

“Seluruh ibadah gerejawi masih tetap diadakan di rumah masing-masing. Ibadah Passion yang biasanya beberapa hari diadakan di gereja, didakan di rumah masing-masing. Demikian juga ibadah Kamis Putih, Jumat Agung, Paskah I dan II diadakan di rumah masing-masing,” kata Ephorus GKPS Pdt Rumanja Purba dalam surat imbauannya nomor: 260/3-PP/2020, perihal Ibadah Pra Paskah/Paskah dan Sakramen masa Covid-19.

Ibadah subuh pada Paskah I, katanya, disatukan dengan ibadah Paskah yang dilaksanakan di rumah  masing-masing.

Sebagaimana biasanya pada Jumat Agung atau Paskah diadakan Sakramen Perjamuan Kudus, maka saat ini akan ditunda pelaksanaanya sampai dengan waktu yang ditentukan pada satu minggu tertentu setelah kondisi membaik.

“Demikian juga dengan Sakramen Baptisan Kudus akan dilakukan pada satu minggu tertentu setelah kondisi membaik,” ujarnya.

Mengingat pandemi Covid-19 yang semakin memprihatinkan, Ephorus mengajak jemaat untuk tetap berdoa agar kasih karunia dan perlindungan Tuhan senantiasa menaungi semua umat.

“Kita ikut mendoakan pemerintah dan Tim Medis dalam menangani persoalan ini. Kiranya Tuhan juga berkuasa atas virus yang mematikan ini,” ujarnya. (ros)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button