Berita

Kakanwil DJP Sumut II Kunjungi Kantor Pusat HKI dan GKPS

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kepala Kanwil DJP Sumut II Romadhaniah didampingi Kabag Umum Sri Hartiwiek dan Kabid P2Humas Mukhammad Faisal Artjan silaturahmi ke Kantor Pusat Huria Kristen Indonesia (HKI) dan Gereja Kristen Prostestan Simalungun (GKPS) yang berkedudukan di Pematangsiantar.

Kunjungan ini dalam rangka Pekan Panutan Pajak oleh Tokoh Agama, Masyarakat, dan Kepala Daerah di wilayah Kanwil DJP Sumut II.

Kunjungan pertama dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB dan langsung disambut dan berbicara bersama Ephorus HKI Pdt M Pahala Hutabarat STh MM yang didampingi oleh Pdt Jansen Simanjuntak MTh MM di ruangan kerjanya. Kemudian knjungan kedua pukul 11.00 WIB bertemu dan berbicara dengan Ephorus GKPS Pdt M Rumanja Purba MSi, Selasa (28/1).

Pada kesempatan ini, Romadhaniah menyampaikan bahwa target pajak kini semakin meningkat pesat dan kesadaran pajaknya masih sangat kurang.

Seperti programnya pemerintah pusat yakni pengembangan destinasi Danau Toba sebagai Bali Baru dan adanya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sei Mangkei, pembuangunan jalan tol dan kereta api, tentu harus sejalan dengan kesadaran masyarakat akan pajak bahwa pembangunan infrastruktur tersebut sejatinya dibiayai oleh pajak.

Untuk itu diperlukan kesadaran wajib pajak dengan diberikan sosialisasi perpajakan, edukasi dan dialog yang tidak hanya disampaikan oleh pegawai pajak saja, namun dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah melalui  Ephorus untuk memberikan wawasan kebangsaan tentang pajak kepada Jemaat HKI.

Lebih lanjut Romadhaniah menyebutkan peran Ephorus HKI sebagai tokoh agama sangat berarti dan dibutuhkan serta dapat menjadi panutan baik ajakan, himbauan, dan seruan beliau agar dapat dipatuhi jemaat.

”Kami sangat mengharapkan bantuan Ephorus dan tim untuk memberikan sosialisasi tentang pajak kepada jemaat,” ujarnya.

“Saya yakin bahwa sebagian besar jemaat HKI ada yang berprofesi pengusaha, dan tentunya dapat diimbau untuk berkontribusi pajak kepada negara,” jelasnya.

Sementara itu Pdt M Pahala Hutabarat STh MM menyambut baik dan tentunya mendukung sepenuhnya program Kanwil DJP Sumut II dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan Wajib Pajak melalui jemaatnya.

Pada hari yang sama di Kantor Pusat GKPS, Romadhaniah beserta tim disambut hangat oleh Ephorus GKPS Pdt M Rumanja Purba MSi dan langsung dibawa ke ruang pertemuan.

Dalam kunjungan kali ini Romadhaniah menjelaskan maksud kedatangannya yakni mengajak partisipasi Ephorus sebagai tokoh keagamaan tertinggi bagi jemaat GKPS untuk mengawali program pemerintah untuk memberikan informasi tentang pentingnya pajak dan meningkatkan kepatuhan.

Kakanwil DJP Sumut II berkunjung ke GKPS.

Hal lain juga diungkapkan Romadhaniah yakni untuk tingkat kepatuhan Wajib Pajaknya Kanwil Sumut II di peringkat paling rendah di 34 wilayah Kanwil DJP.

“Kami sadar bahwa sebagai tukang tagih belum tentu tak disukai, dan menyadari bahwa belum tentu disambut baik oleh Wajib Pajak maka perlu kami menyusun strategi komunikasi yang baik!” tegas Romadhaniah.

“Kami mungkin tidak bisa bekerja sendiri, kami sadar tokoh agama seperti Ulama, Pendeta/Uskup, dan Biksu Buddha yang kami pandang lebih dekat dengan jemaat dan dapat memperpanjang lidah kami untuk nantinya menjadi panutan dan dapat memberikan wawasan kesadaran tentang pajak,” ungkapnya.

“Memang pembangunan nampak belum merata keseluruhan, namun begitu kita mencoba menyadarkan kembali masyarakat yang masing enggan membayar pajak untuk patuh dan taat menjalankan kewajiban pajaknya sebagai warga negara yang baik demi kemajuan dan kemakmuran bangsa kita,” kata dia.

Ephorus GKPS  Pdt M Rumanja Purba MSi mengatakan bahwa memang pembangunan terlihat belum menyeluruh, ketika beliau mengunjungi gereja GKPS di daerah-daerah Simalungun, terlihat ruas jalan provinsi Raya-Tiga Ras masih dalam keadaan rusak, dan masyarakat di sekitarnya banyak yang bertani dan punya mobil mewah.

“Saya rasa mereka bukan tidak mau bayar pajak, namun hanya saya mereka kecewa dengan kebijakan pemerintah setempat yang belum memperbaiki jalan yang rusak!” ungkapnya.

“Kami paham betul bahwa kewajiban pajak ini sama artinya dengan perintah di Alkitab dalam Roma 13 menyebutkan Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah, maka kita harus taat kepada ketentuan negara yang sudah ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Ephorus juga mengaku bahwa momen pertemuan ini baru pertama kali pihak Kanwil DJP Sumut II berkunjung ke kantornya. Dan beliau berharap dengan  pertemuan ini dapat meningkatkan kerja sama yang baik dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kewajiban perpajakannya.

“Dalam Roma 13:6 Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak!” jelasnya. (rel)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker