Berita

Kakanwil DJP Sumut II dan Bupati Toba Tandatangani PKS Optimalisasi Penerimaan Pajak

TOBA, FaseBerita.ID -Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II Ir Romadhaniah MEc menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bupati Kabupaten Toba Ir Darwin Siagian tentang Optimalisasi Penerimaan Pemungutan/Pemotongan Pajak Pusat/Daerah dan Retribusi Daerah.

Bupati Toba beserta jajaran sampai di Siantar pukul 12.30 WIB disambut langsung oleh Kabag Umum Sri Hartiwiek beserta para pejabat pengawas Kanwil DJP Sumut II. Acara penandatanganan PKS ini dilaukan di Ruang Integritas Lantai 1 Gedung Kanwil DJP Sumatera Utara II, Pematang Siantar, Senin (20/7).

Kakanwil DJP Sumut II Romadhaniah menyambut baik kedatangan rombongan Bupati Toba beserta jajaran di lingkungan kerjanya dengan pembukaan acara ramah tamah dan makan siang bersama dengan tetap memeperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam pidato pembukaannya, Ia menyampaikan, melalui penandatanganan ini dapat dijelaskan tentang kerja sama terkait edukasi, pelayanan, dan pertukaran data dan informasi serta meningkatkan kapasitas apatur negara di masing-masing instansi.

“Melalui kerja sama ini pula diharapkan bentuk konkre terhadap koordinasi, sinergi dengan Bupati untuk dapat menerbitkan Perda tentang kewajiban NPWP cabang yang berada di lokasi Kabupaten Toba,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa pajak yang dibayarkan hingga 100%, maka dampaknya akan sangat berarti bagi penerimaan negara khususnya di Kanwil DJP Sumatera Utara II.

Nantinya hal ini juga berdampak pada peningkatan DAU, DAK, dan Dana Bagi Hasil (DBH) khususnya di Kabupaten Toba. Dana-dana tersebut secara rinci berasal dari penerimaan PPh Orang Pribadi dan PPh Pasal 21 dan naik/turunnya penerimaan dari sektor tersebut akan menentukan DBH yang diterima daerah.

”Demi terjalinnya sinergi antara kita, mari kita bekerja bersama atau sama-sama bekerja dalam mewujudkan kesepatakan ini,” ujar Romadhaniah.

Selain itu, Bupati Toba Ir Darwin Siagian dalam sambutannya menuturkan bahwa Kabupaten Toba yang juga berada di wilayah Kanwil DJP Sumatera Utara II dan sering berkonsultasi di KPP Pratama Balige.

Melalui kerja sama ini pula diharapkan dapat memotivasi kami terus melaksanakan koordinasi bersama Kanwil DJP Sumut II untuk memberikan edukasi dan penyuluhan terkait perpajakan.

Beberapa pembangunan hotle dan resir di Kabupaten Toba tepatnya di Sibisa terlihat semakin pesatnya dengan dikucurkannya dana tersebut dan akan segera diimplementasikan.

“Saya selaku Bupati Toba mengimbau agar masyarakat sadar pajak, bahwa pajak berasal dari kita dan nantinya untuk kita bersama, pembangunan di Toba tak lepas dari peran pajak yang sangat besar bagi pembangunan,” ujarnya.

“Beberapa objek-objek pajak akan kita inventarisasi, terima kasih atas kerja sama ini, semoga bermanfaat bagi kita terutama bagi bangsa dan negara, Horas!,” sambungnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan PKS di antara kedua belah pihak. Acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dan plakat penghargaan dari masing-masing pihak. Di momen akhir pertemuan, Bupati Toba berkesempatan memberikan testimoni tentang pajak.(rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button