Berita

Kadis Perpustakaan Siantar Ajak Anak Berliterasi

SIANTAR, FaseBerita.ID – Dalam rangka Hari Buku Nasional tahun 2019, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar mengadakan lomba bercerita tingkat SD sederajat, lomba menulis puisi untuk tingkat SMA/SMK, dan lomba pidato untuk tingkat SLTP sederajat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar Dra Neslianita Sinaga menjelaskan tujuan peringatan Hari Buku Nasional se-Kota Pematangsiantar untuk memasyarakatkan dan menumbuhkembangkan kecintaan terhadap buku dan menerapkan literasi membaca.

“Dalam rangka Hari Buku tahun 2019 kami mengadakan berbagai lomba, hal ini dalam rangka memasyarakatkan Gerakan Gemar Membaca di Kota Pematangsiantar, khususnya di kalangan para pelajar, dan kami menyelengarakan lomba menulis puisi, bercerita dan berpidato,”jelas Neslianita Sinaga, Kamis pagi (7/11/2019).

Saat penutupan dan pengumuman pemenang, Jumat (8/11/2019), Herbet Aruan, Ketua Panitia Lomba didampingi Megawati Sitorus SP MSi mengatakan, setiap peserta lomba berpidato, bercerita dan menulis Puisi mendapat penghargaan dan uang pembinaan dari Pemerintah Kota Pematangsiantar.

“Semoga lomba berpidato, bercerita dan menulis Puisi menjadi kegemaran baru untuk para pelajar. Sehingga di sekolah-sekolah, minat Literasi terus ditingkatkan. Selamat bagi para pemenang, dan yang belum menjadi juara yang berputus asa, teruslah mengali potensi yang ada dalam diri para peserta. Kami harapkan para guru mengali potensi siswanya di sekolah masing-masing meningkatkan Literasi di kota Siantar,” katanya.

Berikut Juara Lomba Berpidato, Menulis Puisi dan Bercerita

Lomba Berpidato, Juara I Maria P Hutagalung dari SMP Mars, Juara II Franka Saragih dari SMP Bintang Timur, Juara III Rehulina Maduwu dari SMP Cinta Rakyat 3, Juara IV diraih Cindy Roulina Siallagan dan Juara VI Hosea Immanuel Simatupang.

Sementara Juara Lomba Bercerita, Juara I diraih Zakirah S Siregar dari SD YPHI, Juara II Berill Given M Purba dari SD. RK No.2, Juara III OM. Zebua dari SD Taman Siswa, Juara IV R. Kuswandani dari SD Taman Cahaya, juara V Adi Pratama dari SD N. 124395 dan Juara VI AP. Siregar dari SD Kalam Kudus.

Sementara Juara Menulis Puisi, Juara I diraih Sirait dari SMK Mars, juara II diraih Dinata Siregar dari SMA Sultan Agung, Juara III Elsa Pasaribu dari SMK Negeri 1, Juara IV Debby A. Ahmad diraih SMA Teladan, Juara V Lidya Sarah Uli Hutagalung dari SMA Negeri 1, dan Juara VI di raih Sabrina Valent Bintang dari SMA YP HKBP.

Melihat begitu besarnya potensi dan talenta siswa-siswi di KOta Pematangsiantar, Tagor Sitohang, SH selaku ketua Forum Literasi kota Pematangsiantar mengapresiasi lomba yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar.

“Kita sangat mengapresiasi lomba yang dilaksanakan Perpustakaan kota Siantar, semoga lomba-lomba seperti ini terus diadakan, karena ini menumbuh kembangkan minat dan talenta para siswa, sehingga siswa-siswi kita benar-benar mengahas kemampuan sejak dini yaitu menunjukan bahkat dan kemampuannya,”ujar Tagor Sitohang yang juga pemilik rumah baca Mutiara Bangsa.

Tampak hadir Dewan Juri Menulis Puisi : Jojor Sitorus Pane, S.Sos, MSi, Mery Cris Isabella Saragih, SPd, MSi dan Taufik Hidayat, S.Sos,Juri Berpidato : Tagor Sitohang, SH, Jhon Hendrik mSipayung, SPD, MSi, dan Ida Wati Situmorang, SS, SPd, MSi. Juri Bercerita : Dr. Juma Ria Siarait, MPd, Lili Tansliova, MPd, dan Eduardo Sianturi, SPD, MPD. , keluarga besar Forum Literasi kota Pematangsiantar, Persatuan Tuna Netra Siantar (Pertuni) dan keluarga besar Rumah Baca Mutiara Bangsa. (rel/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close