Berita

Kades Simangambat Tambangan Diadukan Warga ke Inspektorat

MADINA, FaseBerita.ID – Masyarakat Desa Simangambat, Kecamatan Tambangan, Mandailing Natal (Madina) mengadukan Kepala Desa mereka, Asrin Nasution alias ‘Ucok Nakal’ ke Inspektorat Kabupaten Madina, Kamis sore (2/1).

Pengaduan mereka itu dilengkapi dokumen laporan dan dugaan penyalahgunaan wewenang yang ditandatangani 354 orang masyarakat. Kedatangan mereka diterima langsung Kepala Inspektorat Madina, Marwan Bakti Siregar.

Dalam surat pengaduan itu, terdapat delapan poin aduan warga kepada inspektorat Madina. Salah satunya adalah pengelolaan Dana Desa yang dinilai warga tidak transparan sejak oknum Kades diangkat menjadi Kepala Desa.

“Sejak dia menjabat tidak pernah ada laporan tahunan secara transparan kepada masyarakat baik berbentuk baliho maupun spanduk sehingga masyarakat tidak pernah tahu tentang pengelolaan dan pengeluaran dana desa,” sebut warga.

Selain itu warga menyebut, rancangan penggunaan Dana Desa yang sudah dimusyawarahkan masyarakat, tidak pernah dibangunkan salah satunya adalah pembangunan rabat beton.

Menanggapi pengaduan warga Desa Simangambat itu, Kepala Inspektorat, Marwan Bakti Siregar menyampaikan, pihaknya akan menelusuri dan mempelajari pengaduan warga Desa Simangambat itu.

“Laporan saudara semua akan kami pelajari dan tindaklanjuti, bila nanti ada pelanggaran sesuai laporan, kami tindak sebagaimana aturan yang ada,” katanya.

Sebelumnya juga para warga desa ini juga telah melaporkan oknum Kades ‘Ucok Nakal’ kepada Camat Tambangan dan Bupati Madina. Atas kondisi ini sudah selayaknya tim penegak hukum melakukan mengkaji laporan warga sekaligus melakukan investigasi ke lapangan.

Dan, bila laporan warga tersebut terbukti ada kejanggalan atau pelanggaran, Inspektorat Madina diminta agar menindaknya sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Di samping itu, penegak hukum, Kepolisian maupun Kejaksaaan juga diminta untuk menyelidiki dugaan penyalahgunaan wewenang atas permasalahan Dana Desa Simangambat, Tambangan yang diadukan warga desa itu. (wan)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close