Berita

Kabut Asap Kembali Selimuti Sibolga-Tapteng Sejumlah Penerbangan Ditunda

TAPTENG, FaseBerita.ID – Setelah beberapa pekan terakhir sudah lenyap dari pandangan, Rabu (16/10/2019) kabut asap kembali menyelimuti wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Seperti pantauan wartawan, kemarin. Merata di beberapa lokasi, kabut asap sudah terlihat tebal sejak pagi hari. Kondisi itu diamini Kepala BMKG Pinangsori Ahmad Ubaedillah. Menurutnya, jarak pandang akibat asap terus berfluktuasi.

Ahmad menuturkan, di Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, jarak pandang aman akibat kabut asap pada pagi hari diperkirakan hanya dua kilometer. “Pagi visibility dua kilometer, naik tiga kilometer, siang ini empat kilometer, info terbaru (siang,red) visibility lima kilometer, trennya semakin baik,” kata Ahmad.

Menurutnya, ketebalan asap yang terjadi pada Rabu pagi sempat menyebabkan dilakukannya penundaan sejumlah penerbangan. “Ada yang delay, ada yang cancel,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Farel Lumbantobing saat dikonfirmasi terkait kondisi adanya penerbangan yang di-cancel, membenarkannya. “Yang cancel itu Citilink, Garuda divert ke padang. Garuda masih menunggu cuaca membaik, Wings saja yang masuk tadi, jadi hanya 1 pesawat,” ujar Farel.

Sementara penelusuran di website resmi BMKG.go.id, titik panas di Sumatera Utara tidak terlihat. Titik panas yang terlihat terdapat di Sumatera Barat dan Jambi serta di Sumatera Selatan. (dh)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button