Berita

Jusuf Kalla Monitoring ke PMI Sumut

FaseBerita.ID – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla melakukan monitoring di Markas PMI Sumatera Utara yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa (7/1). Kunjungan tersebut ia lakukan usai melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumut, di Gelanggang Mahasiswa, Kampus UIN Sumut, Jalan Sutomo Ujung Medan.

Ditemani Ketua PMI Sumut, Rahmat Shah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, serta Wakil Ketua I DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, JK meninjau ruang pengambil darah donor (Aftap) dan Laboratorium UDD PMI Kota Medan yang berada di bagian belakang gedung Markas PMI Sumut.

Selanjutnya JK bersilaturahim dan berdiskusi dengan para pengurus PMI Sumut, PMI Medan dan PMI Kecamatan se Kota Medan, pengurus PMI kabupaten/kota se Sumut, Ketua PMI Batubara, Langkat, Deliserdang, Binjai, Labuhanbatu di Ruang Ketua PMI Sumut.

Pada kesempatan itu, Rahmat Shah melaporkan sejumlah kegiatan dan capaian PMI Sumut. Di antaranya menyalurkan bantuan kepada korban bencana erupsi Gunung Sinabung berupa air bersih serta pembagian masker, membantu evakuasi korban jatuhnya pesawat Hercules di kawasan Padangbulan, Medan maupun masalah-masalah sosial lainnya.

“Sebab, tugas PMI tidak hanya mengurusi soal darah. Juga bencana alam dan permasalahan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat,” ucap Rahmat kepada awak media.

Seperti diketahui, Ketua PMI, Jusuf Kalla turut berperan dalam menyukseskan upaya perdamaian di Aceh pada 2005 silam. Bahkan JK berkenan turun ke Sumut untuk mendamaikan konflik internal keluarga yang terjadi ketika itu.

Untuk ketersediaan darah, lanjutnya, PMI Sumut telah menjawab tantangan yang pernah disampaikan JK. Sejak 2012, UDD PMI Kota Medan sudah dapat memenuhi kebutuhan darah di Kota Medan. Juga membantu memenuhi permintaan kantong darah dari sejumlah kabupaten/kota di luar Sumut. PMI Sumut juga terus meningkatkan pelayanan di seluruh kabupaten/kota lewat pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan instruktur dari pusat.

Mantan wapres dua itu lantas mengapresiasi pencapaian PMI Sumut sembari meminta terus meningkatkan pelayanan di bidang kemanusiaan demi kemajuan bangsa. Sesuai dengan tema HUT ke-74 PMI yang baru dilaksanakan, dengan bertajuk “PMI tangguh, Indonesia maju”.

Pada kesempatan itu, JK meminta pada Gubsu Edy Rahmayadi untuk membantu PMI Sumut dalam meningkatkan partisipan donor darah. Diharapkannya partisipan donor darah dari Sumut terus meningkat dan kembali meraih penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial (SLKS) bagi para Donor Darah Sukarela (DDS). (prn/ila)

Tags

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close