Berita

Jufriaman Saragih: Pengembangan Danau Toba Tidak Lepas Dari Peran Serta Masyarakat

SIMALUNGUN, Fase Berita.ID – Jufriaman Saragih, putra asal Purba Dolok , Kabupaten Simalungun, menghadiri seminar Pengembangan Pariwisata Danau Toba di sekitar wilayah Simalungun yang dilaksanakan di Balai Bolon Nasara, Bogor, Sabtu (30/11).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Simalungun, Gideon Purba, Plt Sekda Kota Pematangsiantar, Kusdianto dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT

Usai acara seminar, Jufriaman Saragih, mengatakan pengembangan Danau Toba tidak lepas dari peran serta masyarakat sekitar. Pemerintah mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat harus memberikan perhatian serius kepada peranan masyarakat sekitar dalam pengembangan pariwisata Danau Toba.

Semisalnya, dalam hal kebudayaan dan adat istiadat. Budaya dan adat istiadat merupakan identitas pribadi yang nilainya cukup tinggi untuk dikembangkan masyarakat sekitar. Pastinya, masyarakat membutuhkan dukungan pemerintah. Masyarakat sekitar harus menjadi pelaku utama atau ujung tombak terwujudnya kemajuan destinasi wisata Danau Toba.

“Masyarakat sekitar jangan jadi penonton. Segala potensi masyarakat harus dikembangkan untuk menjadi pelaku utama pembangunan pariwisata Danau Toba,” ujarnya.

Apalagi saat ini, kawasan Danau Toba akan masuk dalam pariwisata berbasis Geo Park. Hal ini yang paling penting, karena pengaruhnya sangat dasyat untuk percepatan pengembangan Danau Toba. Berbagai strategi harus terus dikembangkan pemerintah untuk menarik wisatawan datang ke Danau Toba.

Masih kata Jufriaman yang saat ini sebagai Bakal Calon Bupati Simalungun, pemerintah dan organisasi yang terlibat dalam pengembangan Danau Toba harus gencar melakukan sosialiasi guna meningkatkan kunjungan wisata. Kemudian, menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha traveling hingga di tingkat internasional.

Perlu upaya berkelanjutan pelestarian lingkungan kawasan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata utama berstandar internasional yang menjaga kearifan lokal dengan prinsip semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan. (osi)

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close