Berita

JR Saragih Digugat Bacalon Pangulu Pamatang Simalungun

FaseBerita.ID – Bupati Simalungun JR Saragih, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagori (DPMPN) Simalungun Sarimuda Purba dan Derita Sinaga, Ketua Panitia Pemilihan Pangulu Nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, digugat oleh Simon Petrus Ginting Manik.

Gugatan ini didaftarkan ke Pengadilan Negeri Simalungun dan sudah diregister tertanggan 10 Juni 2019 dengan Nomor Perkara:43/ Pdt. G/2019/PN Sim.

Simon Petrus melalui kuasa hukum Netty M Simbolon, dalam gugatan meminta agar seluruh pelaksanaan pemungutan suara untuk pemilihan pangulu Nagori Pamatang Simalungun periode 2019-2025 yang seyogianya dilaksanakan, Rabu (12/6/2019) ditunda dan penetapan para calon oleh panitia dibatalkan.

Simon Petrus merupakan bakal calon Pangulu Pamatang Simalungun, yang juga menjabat pangulu sebelumnya, merasa dirugikan panitia dan Peraturan Bupati Simalungun tahun 2016 tentang syarat pencalonan pangulu nagori.

Simon Petrus merasa dirugikan dengan pencantuman berbunyi: Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih. Pasal ini, menurut Netty, sudah diuji materil di Mahkamah Konstitusi dengan keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi MK No 42/PUU-XIII/2015.

Bahwa Mahkamah Konstitusi menguji UU Pemilu Pasal 7 huruf g dan h IU Nomor & Tahun 2015, Pasal 7 huruf g berbunyi: Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Pasal ini sudah dibatalkan, dan memberikan kesempatan kepada mantan narapidana yang dihukum penjara tidak lebih lima tahun, dengan syarat mengumumkan di media. (esa)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close