Berita

JPU Belum Serahkan Surat Pernyataan Tidak Mampu Hadirkan Saksi Pelapor

TAPTENG, FaseBerita.ID – Hingga sidang ketujuh, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih belum mampu menghadirkan saksi pelapor Heppy Rosnani Sinaga dalam persidangan kasus dugaan penipuan CPNS dan pencucian uang yang melibatkan mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Raja Bonaran Situmeang.

Hal ini dibenarkan Humas Pengadilan Negeri Sibolga Obaja David Sitorus saat dikonfirmasi wartawan, Senin lalu di kantornya. Obaja juga mengatakan jika JPU belum menyerahkan surat pernyataan tidak mampu menghadirkan saksi pelapor. Menurut Obaja, JPU masih terus berusaha menghadirkan Heppy Rosnani Sinaga. “Sampai saat ini, JPU masih belum bisa menghadirkan saksi pelapor,” katanya.

Obaja menjelaskan, di dalam KUHP tidak ada ditegaskan bahwa harus yang diperiksa itu saksi korban atau saksi pelapor. Sebab, bila tetap mengharapkan kehadiran saksi pelapor, persidangan bisa mandek.

Baca juga: Lagi, JPU Tak Mampu Hadirkan Saksi Pelapor

“Di awal persidangan, Hakim Ketua Majelis sudah menegaskan, bahwa majelis hakim tidak bisa membuat keputusan untuk ketidakhadiran saksi pelapor tersebut. Namun hal itu menjadi pertimbangkan di dalam putusan majelis,” ujarnya.

Masih kata Obaja, dalam penanganan suatu perkara perdata maupun pidana, mempunyai waktu selama lima bulan. Mahkamah Agung memberikan SOP dalam menangani sebuah perkara dengan batasan waktu tersebut. Apabila nanti penanganan perkara itu di atas lima bulan lebih, Pengadilan Negeri akan membuat laporan ke Pengadialn Tinggi.

“Pemeriksaan itu harus melihat dari masa penahanan terdakwa sendiri. Pengadilan memberikan waktu masa penahanan dan perpanjangan selama 90 hari, 30 hari oleh majelis hakim, 60 hari perpanjangan oleh ketua pengadilan. Kerana ini ada keterkaitan dengan pencucian uang, penahanan bisa diperpanjang oleh Pengadialn Tinggi selama 60 hari. Namun kami akan berusaha menyelesaikannya tanpa ada perpanjangan penahanan,” jelasnya.

Obaja juga menegaskan jika JPU diberi batasan waktu untuk menghadirkan Heppy Rosnani Sinaga. Jika delapan orang saksi lainnya telah dihadirkan, Majelis Hakim akan meminta surat pernyataan yang dimaksud. (ztm)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button