Berita

Jokowi Minta Pemda Sejalan dengan Pemerintah Pusat Tangani Covid-19

FaseBerita.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua kepala daerah dapat bekerja sama menyelesaikan pandemi virus korona atau Covid-19. Hal ini dapat dilakukan dengan menyeragamkan kebijakan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

“Yang paling penting menurut saya bagaimana kerjasama antara pemerintah pusat sampai pemerintah daerah yang paling bawah,” kata Jokowi di sela-sela meninjau Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau, Rabu (1/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta, pemerintah daerah sampai tingkat terbawah yakni kepala desa dapat menyiapkan isolasi mandiri. Hal ini melihat banyaknya lalu lintas orang yang pulang mudik sebelum waktunya.

“Ini penting sekali menyangkut orang yang mudik, kemudian di desanya mestinya ada isolasi mandiri. Kepala desanya bisa menyelenggarakan itu meskipun hanya satu orang atau dua orang tetapi bisa menyelenggarakan itu,” harap Jokowi.

Saat ini pemerintah pusat telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat di tengah pandemi corona. Pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Oleh karena itu, Jokowi menekankan, baik pemerintah pusat maupun daerah harus menagani virus korona berdasarkan aturan hukum itu. Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan kepala daerah untuk tidak membuat kebijakan yang bertentangan. “Jangan membuat acara sendiri-sendiri sehingga tidak dalam satu garis visi yang sama,” tegas Jokowi. (JP)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button