Berita

Johalim Purba: Pelihara dan Pertahankan Nilai-nilai Kedaerahan

FaseBerita.ID – Mantan Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba mengajak para tokoh adat, tokoh budaya dan tokoh masyarakat Simalungun, supaya memelihara dan mempertahankan nilai-nilai kedaerahan dengan baik.

Johalim mengundang para tokoh Simalungun, seperti pengacara dan pers untuk mengadakan pertemuan, Senin (3/8) lalu.

Menurutnya, menjelang Pilkada Serentak di Indonesia, termasuk di Siantar-Simalungun, merupakan suatu momen mempertahankan nilai-nilai dari simbol kedaerahan untuk dipertahankan.

Nilai-nilai kedaerahan Simalungun, lanjut Johalim, secara implisit hanya bisa ditunjukkan dan dipertahankan di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

“Pertama masyarakat Simalungun hanya bisa menjadi kepala daerah di dua daerah, yakni Siantar dan Simalungun. Dan saya berharap dalam kehadiran para sahabat, memahami bahwa kalau kita mempertahamkan maka keberadaan putra daerah Simalungun, jangan sampai hilang,” ujarnya.

Keberadaan simbol-simbol daerah harus dipertahankan. Oleh sebab itu kepala daerah harus yang mengerti budaya dimana dia menjadi kepala daerah.

Johalim menuturkan dirinya sengaja mengajak para tokoh budaya, tokoh masyarakat Simalungun, untuk saling berdiskusi terkait Pilkada di Siantar-Simalungun, yang berkaitan dengan mempetahankan nilai-nilai kedaerahan.

Sebab, bagi orang yang tidak memahami nilai-nilai kedaerahan, akan sulit dan sesuatu hal yang terpaksa nantinya bila terpilih memimpin Siantar-Simalungun.

“Jadi di pesta demokrasi pemilihan nantinya mari bersaing dengan sehat. Sebab setiap lima tahun kita mengadakan pemilihan Bupati,” terangnya.

Ia berharap masyarakat dapat memilih  yang terbaik di tempat tinggal masing-masing. (ros)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button