Berita

Jembatan Penyeberangan Pelabuhan Sibolga Diseruduk Truk

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Dikabarkan akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), jembatan penyeberangan penumpang Pelabuhan Sambas (Sibolga) mengalami kerusakan pada bagian lempengan besi bawah lantai hingga penyok akibat diseruduk mobil truk perusahaan jasa transportasi Trans Continent, Senin (11/3) pagi. Saat kejadian, truk itu membawa muatan tabung besar.

Pelaksana Lapangan PT Pembangunan Perumahan (Persero), perusahaan pelaksana proyek pengembangan Pelabuhan Sibolga, Dadang R mengatakan, terjadinya insiden itu karena muatan truk pengangkut barang itu terlalu tinggi hingga terbentur di lempengan besi bawah lantai jembatan penyeberangan tersebut.

“Saya di depan itu pas, nggak lihat kejadiannya, cuma dengar suaranya keras baru lihat sudah penyok. Kalau mobilnya kencang atau nggak kurang tau,” ucap Dadang saat dikonfirmasi wartawan.

Ia mengaku, atas insiden itu pihaknya kini sedang berkoordinasi dengan pihak Trans Continent untuk perbaikan kerusakan yang diakibatkan saat itu.

“Mungkin supirnya sedang human eror, dia tidak ada memperkirakan bahan yang dibawanya serta ketinggianya berapa, lolosnya itu, dia tidak tau, itu 4,5 meter (standar ketinggian jembatan). Kalau perbaikan sih dua tiga hari setelah kesepakatan disetujui, kitapun akan cepat-cepat karena akan diresmikan, infonya pak presiden akan datang,” kata Dadang.

Menurut Dadang, perbaikan terhadap kerusakan jembatan, akan segera dilaksanakan dan ditanggung seluruhnya oleh pihak Trans Continent.

“Mereka mau bertanggung jawab atas insiden tadi, setelah kami cek memang perlu perbaikan tetapi tidak fatal. Hanya untuk bagian bawah saja kita kerjasama dengan Pelindo-nya juga sebagai saksinya. Dia akan diperbaiki yang biayanya ditanggung Trans Continent. Nanti kita kirim surat dulu, kita klaim secepatnya kalau pihak Trans Continent sudah menerima suratnya dan setuju dengan kesepakatan akan kita mulai,” tuturnya.

Sementara, Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sibolga, Irfan membenarkan peristiwa itu, dia juga memastikan perbaikan pada kerusakan jembatan secepatnya dilakukan.

“Itu kargo yang tadi macam tabung-tabung gitu mungkin ketinggiannya tadi gak diperhitungkan, mungkin perkiraan dia gak kenak supirnya kan, sudah (sudah saya lihat). Yang rusak itu gak ada masalah nanti diperbaiki,” kata Irfan. (dh)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker