Berita

Jembatan Penghubung 8 Desa di Palas Segera Dibangun

PALAS, FaseBerita.ID – Pasca ditetapkannya pemenang lelang proyek pembangunan abutmen jembatan Desa Sibualbuali sebesar Rp3,9 miliar oleh Dinas PU Palas (Padang Lawas) sangat diapresiasi masyarakat setempat.

Masyarakat berharap, selesai tahun ini abutmen, kiranya tahun depan bisa dilanjutkan dengan pembangunan jembatannya. Sehingga masyarakat benar benar bisa memanfaatkan fasilitas jembatan tersebut.

“Begitu masyarakat tahu abutmen jembatan Desa Sibualbuali jadi dibangun tahun ini, masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah,” kata Kepala Desa Sibualbuali Ali Soman Hasibuan, Minggu (13/10/2019).

Ali Soman bersama Ketua BPD Sibualbuali Tumbur Nasution mengungkapkan, pembangunan jembatan Desa Sibualbuali sudah lama didambakan masyarakat. Apalagi jembatan itu salah satu urat nadi untuk menopang aktivitas dan perekonomian warga di daerah itu.

Untuk saat ini saja jumlah warga maupun desa yang menggunakan akses jembatan Sibualbuali terdapat beberapa desa, seperti Desa Siraisan, Aek Hayuara, Tanjung, Paranbatu, Pagaranbira, Paringgonan Jae, Paringgonan Julu, dan Desa Sibualbuali.

“Bayangkan berapa banyak warga yang berharap dan akan menggunakan jembatan menuju Desa Sibualbuali itu nantinya jika selesai dibangun,” sebut Ali Soman.

Tentunya warga juga berterima kasih termasuk kepada Puli Parisan Lubis putra daerah Sibualbuali selaku anggota dewan dari Dapil dua yang ikut berjuang dan memfasilitasi dalam proses pengusulan abutmen itu supaya ditampung dalam APBD. Senada dengan itu, tokoh masyarakat Desa Sibualbuali Fauzan juga mengapresiasi pembangunan abutmen jembatan Sibualbuali, yang permohonan pembangunannya sudah lama disampaikan kepada pemerintah daerah. Termasuk kepada anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihan dua, melalui aspirasi masyarakat supaya tiap tahun diusulkan pembangunan jembatan tersebut.

“Alhamdulillah baru tahun ini terwujud,” jelas Fauzan.

Fauzan juga mengungkapkan selama ini masyarakat dari dan menuju Desa Sibualbuali hanya bisa dilalui kenderaan roda dua. Aktivitas warga sangat terbatas, termasuk roda perekonomian akibat minimnya fasilitas juga sangat terbatas.

“Tentu kita berharap pembangunan abutmen ini akan menambah aktivitas masyarakat termasuk menambah gairah perekonomian warga,” tukas Fauzan.

Sementara itu anggota DPRD Palas dari daerah pemilihan dua H Puli Parisan Lubis mengungkapkan, pihaknya juga mengapresiasi pembangunan abutmen Sibualbuali tahun ini. Namun politisi PKS ini berharap, seluruh tahapan dan pelaksanaan proyek abutmen kiranya bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Artinya satu sisi kita mengapresiasi pembangunan abutmen itu, apalagi sudah lama didambakan masyarakat banyak, tapi disisi lain kita juga berharap kiranya proyek abutmen ini dalam pengerjaannya di lapangan nanti betul-betul menjaga kualitas bangunan,” ungkap H Puli Parisan.

Sementara itu Kabid Bina Marga (Jalan dan Jembatan) Dinas PU Palas Fahruddin Hasibuan tak kunjung menanggapi akan progres rencana pembangunan abutment tersebut.

Susahnya menggali informasi dari Dinas PU Pemkab Palas ini menambah kesan rencana pembangunan di Palas tak diketahui publik.

Ketika dihubungi tak ada jawaban, begitu juga pesan pendek tak balasan. Malah, kabid ini terkesan mengelak saat ditemui di kantornya. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button