Berita

Jembatan Gantung Sipoholon Butuh Perbaikan

TAPUT, FaseBerita.ID – Sudah lima belas tahun lebih kondisi jembatan tua Lumban Soit Desa Hutauruk Hasundutan, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumut kritis dan usulan masyarakat berulangkali dilayangkan kepada pemerintah.

Badan jembatan selama ini jadi objek hantaman gulungan air saat musim penghujan, membuat kondisi jembatan lama kelamaan makin mengkhawatirkan.

Jembatan yang terbentang di atas Daerah Aliran Sungai (DAS) Sigeaon adalah akses utama mobilisasi hasil bumi masyarakat dan perlintasan masyarakat menjangkau Kota Tarutung sebagai ibu kota kabupaten Tapanuli Utara .

Setiap pagi ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SLTA dari desa Hutauruk Hasundutan selalu ramai lalui jembatan menuju sekolah menuntut ilmu pengetahuan.

Namun asa yang hampir putus itu sudah terjawab pasca direncanakanya pembangunan jembatan gantung sesuai keterangan pihak Kementerian PUPR.

Jembatan gantung akan segera dibangun dengan type I seperti model bangunan jembatan gantung yang sudah tuntas di Desa Siraja Oloan Tarutung tahun anggaran 2018 lalu. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, Selamat Rasidi membenarkan hal tersebut ketika menjawab wawancara wartawan, Jumat (12/4).

Dijelaskannya, besaran anggaran dari APBN harus sesuai hasil survey tim perencana yang masih perlu dihitung tim BBPJN II Medan selanjutnya diusulkan ke Kementerian PUPR.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button