Berita

Jelang Verifikasi Faktual, 1.239 PPS di Simalungun Jalani Rapid Test

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun menggelar pemeriksaan secara rapid test terhadap 1.239 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 413 Desa/Kelurahan di Simalungun.

Pelaksanaan rapid test ini sebagai persiapan dalam melanjutkan tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Dimana KPU saat ini dalam proses verifikasi faktual atas berkas dukungan bagi bakal calon yang maju dari jalur perseorangan.

Komisioner KPU Simalungun Salman Abror, Jumat (26/6/2020) menjelaskan, menindaklanjuti surat edaran KPU Nomor:481/PL.02.2-SD/06/KPU/VI/2020 tentang Pelaksanaan Verifikasi Faktual dalam pemilihan Pemilihan Tahun 2020, seluruh PPS diwajibkan menjalani rapid test sebelumnya melaksanakan tugas.

Pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah pandemic covid-19 harus mengacu pada protokol kesehatan standar covid-19.

“Pelaksanaannya dilakukan selama tiga hari serta di tiga lokasi. Yakni di Kantor KPU Simalungun di Raya, Kantor Camat Siantar dan Balai Karya Murni Kecamatan Bandar,” kata Salman.

Dijelaskan Salman, pemeriksaan ini untuk memastikan para PPS dalam kondisi aman dari covid-19 saat bertugas melaksanakan tahapan Pilkada.

Jika ditemukan yang reaktif, maka akan dilakukan penanganan sesuai petunjuk gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dan tugasnya akan diambil alih sementara oleh rekan sesama PPS.

Diketahui untuk Pilkada Simalungun tahun 2020, satu pasang bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftarkan diri dari jalur perseorangan yakni pasangan Maruli Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih.(esa/fi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close