Berita

Jelang HUT Kemerdekaan RI Pedagang Musiman Mulai Ramai

FaseBerita.ID – Pandemi Covid-19 yang melanda negeri sekarang ini tidak menyurutkan semangat pedagang musiman dalam memanfaatkan momen HUT ke-75 Kemerdekaan RI untuk mengais rezeki. Seperti yang diperjual belikan pedagang musiman di Jalan SM Kota Sibolga.

Amatan wartawan media ini, Senin (10/8) siang, terlihat bermacam ukuran bendera merah putih, umbul-umbul dan badir diperjual belikan di sana.

Andang (48) salah seorang pedagang yang berasal dari Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Provinsi Jabar, saat dihampiri wartawan di lokasi tempat ia berjualan mengatakan niatnya datang jauh-jauh ke Sibolga untuk mencari nafkah.

“Tujuan saya jauh-jauh datang dari luar kota bersama ketiga rekan saya guna memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekan Republik Indonesia. Dan ini merupakan tahun kedua saya berjualan,” kata Andang

Meski begitu, katanya, tahun ini terasa sangat sulit disbanding tahun-tahun lalu. Sudah kurang lebih tingga minggu berjualan, keuntungan yang bisa dicapai baru sedikit. “Kalau untuk modal masih jauh dari jangkauan. Namun, kita tetap mengucapkan rasa sukur. Alhamdulilah walapun sedikit kita harus bersukur,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, selama perjalanan dari Kota Bandung menuju Sibolga, meraka menghabiskan biaya sebesar Rp6 juta dan per orangnya dikenai biaya Rp1,5 juta.

“Pada tahun sebulumnya biaya ongkos menggunakan bus dari Bandung ke Sibolga hanya Rp1 juta dan sekarang sudah Rp1,5 juta dikarenakan ini masa Pandemi Covid-19. Mau tidak mau kita yang ingin berjualan ke luar Kota harus mematuhi peraturan pemeritah, di antaranya seperti mengurus surat Rapid Test, berjualan menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun dan tetap selalu jaga jarak. Dan sesuai surat Rapid Test, kita akan pulang pada 16 Agustus 2020 yang akan datang,” ucapnya.

“Kita berjualan di Kota Sibolga ada empat orang yang berada di empat titik, yakni di Tangga Seratus, di depan SPBU Kebun Jambu, di depan Makam Cina yang berada di Jalan SM Raja dan di Simpang Empat Jalan SM Raja. Bendera yang kita juga memiliki ukuran yang berbeda-beda dan harga yang bervariasi.”

“Saya mewaliki ketiga rekan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Sibolga yang telah memperbolehkan kami berjualan bendera guna memeriahkan HUT Kemerdekan RI. Siapa pun kamu, di mana pun kamu dari Sabang sampai Merauke, sekali merdeka tetap merdeka. Merdeka… Merdeka… Merdeka!” pungkasnya. (tam)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button