Berita

Jamerson Saragih Parjagul Pioner yang Ingin Mewakili Petani

FaseBerita.ID – Petani di Simalungun terutama petani jagung, sangat akrab dengan produk bibit unggulan dari pioneer. Baik itu padi maupun jagung. Khusus produk jagung merupakan primadona bagi petani, karena cocok untuk wilayah Kabupaten Simalungun.

Sosok Jamerson Saragih SP, merupakan pria yang sangat akrab dengan petani jagung. Bahkan untuk meningkatkan silaturahmi sekaligus berbagi ilmu dan teknik perawatan jagung, bersama para petani, Jamerson membentuk Asosiasi Petani Jagung Kabupaten Simalungun.

“Petani kita di Simalungun membutuhkan banyak dukungan dari semua pihak, terutama dari pemerintah berupa dukungan infrastruktur, sarana produksi pertanian serta tentunya bibit unggul,”kata Jamerson Saragih.

Pria yang sudah melanglang buana ke beberapa daerah Kabupaten di Sumatera Utara, untuk berbagi ilmu bertanam jagung serta jagung ini, sangat ingin berbuat lebih bermanfaat untuk petani secara khusus dan masyarakat Simalungun umumnya.

“Ada bahagia berbaur dengan petani. Apalagi jika panen mereka meningkat,” kata suami Emma Diana Purba SKP ini.

Menurut pria yang lahir dan besar di Nagori Banjaran Kecamatan Raya Kahean ini, sangat memahami kehidupan para petani. Sejak kecil sudah merasakan langsung sebagai anak petani, yang lebih banyak terkungkung pada garis kemiskinan akibat produksi petani tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari, biaya sosial dan biaya pendidikan anak. Gagal panen, harga yang tidak menentu, kualitas yang buruk dan bahkan biaya transportasi menjadi kendala petani dapat menikmati hidup yang lebih layak.

Jamerson Saragih, saat ini memilih untuk memperjuangkan petani melalui jalur politik. Oleh Partai Nasdem Kabupaten Simalungun, Jamerson Saragih dipercaya untuk menjadi Calon Anggota DPRD untuk Daerah Pemilihan I, meliputi Kecamatan Raya, Raya Kahean, Silau Kahean, Dolok Silau, Silimakuta, Pematang Silimakuta, Haranggaol Horison dan Kecamatan Dolok Masagal.

Belasan tahun mendampingi petani, Jamerson Saragih melihat petani dapat lebih sejahtera jika perhatian DPRD dan pemerintah ditingkatkan. “Ilmu yang saya peroleh sudah saya bagikan kepada petani. Namun dari sisi pendampingan secara politik, terlihat masih lemah. Saya ingin menguatkan petani melalui jalur politik,” kata pria yang akrab dikenal, Parjagul Pioneer. (esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button