Berita

Jamal-Pantas Ditetapkan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga menggelar rapat pleno internal tentang penetapan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga dalam pemilihan tahun 2020, Rabu (23/9).

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Sibolga Khalid Walid bersama tiga komisioner lainnya, yakni Salmon Tambunan, Afwan Nasution dan Asa Dame Simanjuntak. Rapat pleno KPU Sibolga berlangsung tertutup dan hanya bisa disaksikan lewat siaran live melalui akun facebook resmi KPU Kota Sibolga.

Ketua KPU Sibolga Khalid Walid mengatakan, penetapan pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga ini sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 9/2020, tentang pencalonan, pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil wali kota.

Dalam siaran live tersebut, KPU hanya mengumumkan satu pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga.

“Dengan ini KPU Kota Sibolga mengumumkan pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020 yang telah ditetapkan atas nama H Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumbantobing,” katanya.

Dijelaskan juga, pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba diusung oleh gabungan partai politik yakni, Partai Nasional Demokrat (5 kursi), Partai Gerakan Indonesia Raya (2 kursi), Partai Demokrat (2 kursi), Partai Persatuan Indonesia (3 kursi) dan Partai Keadilan Sejahtera (1 kursi).

Lanjut dia, usai penetapan paslon ini, pasangan Jamal-Pantas akan ikuti undian dan penetapan calon pada Kamis (24/9) di Rumah Pintar KPU, Jalan S Parman yang terbuka untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Diharapkan agar pasangan calon tidak membawa massa yang banyak.”
“Pada pemeriksaan berkas yang lalu, masih ada kekurangan berkasnya. Namun setelah itu mereka sudah melengkapinya, dan besok mereka akan pencabutan nomor urut,” kata Khalid Walid.

Sementara terkait dua bakal pasangan calon walikota wakil walikota yang sudah mendaftar, yaitu Bahdin noor Tanjung – Edi polo Sitanggang (ABADI) saat ini masih dalam tahap verifikasi berkas. Sedangkan pemeriksaan kesehatan sudah selesai.

“Sesuai tahapannya, pemeriksaan berkas dan pemeriksaan kesehatan pasangan Bahdin noor Tanjung -Edi Polo Sitanggang mulai 23 hingga 29 september 2020, dan untuk penetapannya dijadwalkan pada tanggal 2 Oktober 2020,” jelasnya.

Sedangkan untuk bakal pasangan calon Sulhan Sitompul – Edwar Siahaan yang mendaftar melalui jalur perseorangan, usai mendaftar ke KPU Sibolga, hingga saat ini masih terkendala hasil tes kesehatan covid 19 . Dimana hasil negatif tes Covid 19 Bapaslon Sulhan Sitompul masih belum keluar. (rb/mis)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button