Berita

Jalinsum Sosopan Padang Lawas Putus Total

FaseBerita.ID – Jalan lintas Sumatera Sosopan, Padang Lawas (Palas) untuk kesekian kalinya putus total tidak dapat dilalui kendaraan, Rabu (12/2). Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Palas, Selasa (11/2) malam mengakibatkan jalinsum Sosopan longsor dan ambruk.

Dampaknya, aktivitas warga dan anak sekolah terganggu. Bahkan jalan yang tak bisa dilalui itu juga sempat mengakibatkan angkutan umum terperosok di Desa Aek Bargot.

Lumpur bercampur material batu dan tanah menutupi jalan. Hingga angkutan umum trayek Sibuhuan-Sidimpuan via Sosopan tersebut terjebak.

Informasi yang dihimpun ada beberapa titik jalinsum yang longsor dan ambruk. Yakni Jalinsum antara Desa Uluaer-Hulim longsor, jembatan di desa hulim (jabetung) ambruk, jalan antara desa Simartolu dengan desa Saba Balik Kecamatan Batang Onang Kabupaten Paluta, longsor.

“Selain itu Longsor yang lain di desa huta bargot, desa siundol julu dan desa aek bargot,” terang Camat Sosopan Paruhuman Harahap.

Menanggapi kejadian itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas telah menerjunkan personil guna mengecek kondisi. Malah dikabarkan pihak-pihak terkait juga telah dikoordinasikan menanggulangi jalinsum putus tersebut.

“Jika diperlukan, kita akan turunkan peralatan seperti tenda, perahu dan lainnya,” kata Kepala BPBD H M Hamka Harahap. (tan)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close