Berita

Jalinsum Sibabangun Kupak Kapik

TAPTENG, FaseBerita.ID – Ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Sibabangin, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), hingga batas Tapanuli Selatan (Tapsel), kondisinya mulai kupak-kapik. Padahal jalan ini baru saja diperbaiki sekitar 6 bulan lalu.

Disejumlah titik permukaan jalan aspal hotmix mulai berlubang-lubang hingga kedalamannya mencapai hampir 30 cm, dengan lebar bervariasi. Kondisi itu dikeluhkan warga yang melintasi jalur tersebut. Apalagi pengemudi angkutan desa (angdes) yang tiap hari berlalu lalang di jalan tersebut.

“Baru diperbaiki beberapa bukan lalu namun sudah berlubang-lubang. Sepertinya pihak Satker PPK 12 Sibolga CS  tidak peduli dengan kondisi jalan,”  ujar Mirga Pasaribu (37), salah seorang pengusaha angkutan desa, Selasa (14/5).

Lebih dari itu sambung Mirga, lubang yang memiliki lebar dan kedalaman bervariasi ini tercipta akibat dampak dari aktivitas tambal sulam (paching) yang dilakukan pihak Satker PPK 12 Sibolga CS. Lubang hasil pengorekan untuk proses pemachingan tidak berkualitas. Sebelum penutupan lubang, terlebih dahulu diisi dengan sirtu. Alhasil kualitas paching menjadi rendah.

Ironisnya, walau telah sering mengambil korban, jangankan untuk mempercepat penutupan lobang, rambu peringatan agar berhati-hati pun tak pernah dibuat disekitar lobang maupun jalan yang rusak. Pihak Satker PPK 12 Sibolga CS tidak peduli dengan keselamatan pengendara yang melintas.

Ia berharap, BBPJN Wilayah II Sumatera Utara turun tangan memperbaiki jalinsum Sibabangun. Sebab menurutnya, dari kondisi paching sepertinya dikerjakan asal jadi. Bahkan pada waktu pekerjaan sebelumnya, beberapa titik yang dihotmix dikerjakan pada waktu hujan.

“Kita mulai tidak percaya lagi dengan kinerja Satkwr PPK 12 Cs. Sebaiknya pihak BBPJN Sumut II langsung turun tangan memperbaikinya,” pungkas Mirga. (ztm/osi)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button