Berita

Jalan Rusak Berat, Warga 5 Nagori Demo

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ratusan masyarakat yang berasal dari lima nagori di Kabupaten Simalungun ramai-ramai turun ke jalan, Selasa (5/11/2019) sekira pukul 09.00 WIB. Mereka menuntut perbaikan jalan dari Simapang Boluk sampai Rihninggol, Kecamatan Huta Bayu Raja.

Kelima nagori tersebut yakni Nagori Silakkidir, Nagori Rajamaligas 1, Nagori Rajamaligas, Nagori Bahal Batu, Kecamatan Huta Bayu Raja dan Nagori Boluk Kecamatan Bosar Maligas.

Massa menggelar aksi damai di PT Huta Bayu Marsada dan Ramayana, untuk menuntut perbaikan jalan dari Simapang Boluk sampai Rihninggol, Kecamatan Huta Bayu Raja.

Para warga memulai aksinya diawali dengan berkumpul di Simpang Boluk Kecamatan Bosar Maligas dan dilanjutkan berjalan mendatangi Kantor Pangulu Nagori Bahal Batu.

Setelah menyampaikan orasinya, warga kembali bergerak mendatangi PT Huta Bayu Marsada dan Ramayana.

Di depan kedua perusahaan tersebut, warga yang yang dikomandoi koordinator aksi Suhandra, dan koordinator lapangan Saparudin Purba dan Dodi Ridowin Mandalahi, kembali menyampaikan orasinya.

Usai menyampaikan orasinya di kedua perusahaan itu, warga kembali berjalan sembari berorasi mendatangi  titik utama lokasi jalan paling rusak di Kampung Jawa, Nagori Raja Maligas, Kecamatan Huta Bayu Raja.

Mereka melakukan aksi kreatif seperti memancing ikan, menjala, menanggok, tanam pisang, tanda tangan di kain mori, dan foto di pojok selfi.

Setelah melakukan aksinya sembari disaksikan para awak media, massa pun kembali bergerak dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 mendatangi kantor Camat Huta Bayu Raya.

Mereka sempat berorasi di halaman Kantor Camat, namun kemudian Camat Huta Bayu Raja Bangun Sihombing SSTP MSi mengajak perwakilan warga untuk berdialog di Ruang Harungguan Kantor Camat Huta Bayu Raja.

Dengan dihadiri Camat Huta Bayu Raja, Kapolsekta Tanah Jawa, Danramil Balimbingan, Anggota DPRD Simalungun Benfri Sinaga dan Ucok Alatas Siagian, para warga yang langsung melakukan dialog interaktif dengan Forkopimca Huta Bayu Raja.

Satu per satu utusan warga yang diwakili oleh diantaranya koordinator aksi Suhandra, dan koordinator lapangan Saparudin Purba dan Dodi Ridowin Mandalahi, menyampaikan keinginan warganya.

“Meminta jalan yang berlubang sampai tanggal 20 Desember 2019 agar ditambal dengan batu padas maupun krikil. Jika tidak terealisasi, maka kami akan kembali turun ke jalan dan akan memportal jalan. Dan pengaspalan dan peningkatan kelas jalan,” kata Koordinator Aksi, Suhandra kepada kru koran ini di Kantor Camat Huta Bayu Raja.

Saat menanggapi keinginan warganya itu, Camat Huta Bayu Raja mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil para pengusaha yang ada untuk mengatasi tuntutan warga, terutama masalah lubang jalan.

Terkait pengaspalan dan peningkatan kelas jalan, Camat menjawab akan menyampaikannya saat dilakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Huta Bayu Raja, dan akan mengusulkannya ke Pemerintah Kabupaten Simalungun. (adi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close