Berita

Jalan Raya Kahean-Raya Nyaris Putus

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Jalan yang merupakan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Raya Kahean menuju ibukota Kabupaten Simalungun, Raya, kondisinya sangat memrihatinkan karena nyaris putus.

Jalan tersebut merupakan jalan provinsi, yang berada di Huta Bah Passussang, Nagori Siporkas, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Telah beberapa bulan jalan tersebut tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda empat.

Salah seorang warga, Mantrison Sinaga di komplek Kantor Bupati Simalungun di Raya, Jumat (11/10/2019) menerangkan, “Itu jalan satu-satunya dari Raya Kahean menuju ibukota Kabupaten Simalungun. Tidak ada jalan alternatif. Sudah lama jalan provinsi itu longsor.”

Masih kata Mantrison, longsor yang terjadi akibat curah hujan berkepanjangan. Alhasil kondisinya semakin parah.

“Sebenarnya jalan itu sudah lama rusak, ditambah hujan lama kelamaan semakin parah sampai kendaraan roda empat tidak bisa lewat,” terangnya.

Mantrison menambahkan, dampak rusaknya jalan tersebut, aktivitas masyarakat terhambat dan perputaran roda perekonomian terganggu.

“Jalan pemotongan tak ada, jadi aktivitas masyarakat terhambat. Kita harapkan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dapat meninjau dan menyampaikan aspirasi kami kepada Gubernur Sumut,” harapnya.

Anggota DPRD Sumut Mangapul Purba via telepon selulernya, kemarin langsung merespon. Katanya, anggota DPRD Sumut akan menyampaikannya kepada instansi terkait di Pemerintah Provinsi Sumut.

“Sudah ada yang kita perintahkan ke Dinas PUPR Sumut untuk menyampaikan hal tersebut. Senin saya ke Medan, kita akan langsung kawal dinas terkait agar segera memroses dan menangani kondisi jalan tersebut,” tukas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu. (mag-05)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button