Berita

Jalan Raja Tongah, Infrastruktur Baru di Utara Asahan

FaseBerita.ID – Sepanjang 2 km Jalan Raja Tongah yang terletak di Desa Ledong Timur Kecamatan Aek Ledong diresmikan oleh Bupati Asahan, Surya. Peresmiannya ditandai dengan penandatanganan batu prasasti dan pemotongan pita, Sabtu (12/9).

Jalan Raja Tongah ini merupakan Jalan Desa yang menghubungkan 4 dusun yakni, dusun 4, 5, 6 dan 8, Desa Ledong Timur Kecamatan Aek Ledong yang berbatasan dengan Kabupaen Labuhan Batu Utara.

Hal ini disampaikan oleh Camat Kecamatan Aek Ledong, Panusunan Rambe pada saat menyampaikan laporannya di hadapan Bupati Asahan, Perwakilan Pimpinan CV Sumatera Sawit Perkasa (SSP), OPD, Unsur Forkopimcam Kecamatan Aek Ledong, Kepala Desa se-Kecamatan Aek Ledong dan tamu undangan lainnya.

Pembangunan jalan desa ini diawali dari tahun 2012 pada saat kepemimpinan Kepala Desa Ledong Timur Syahrizal. Dan pada saat itu beliau memasukkan pembangunan jalan desa ini dalam program RPJMDes.

“Untuk tahap awal pembangunan jalan desa ini dilakukan hanya 1,5 km saja dan pada tahun 2020 ini dilanjutkan sepanjang 500 m, ini berkat bantuan CSR CV Sumatera Sawit Perkasa (SSP) dan partisipasi masyarakat sekitar dengan memberikan sebagian tanahnya untuk pembangunan jalan desa ini,” kata Panusunan.

Mengakhiri laporannya camat berpesan kepada masyarakat Desa Ledong Timur untuk dapat menjaga jalan desa inidengan sebaik-baiknya.

Karena dengan jalan desa ini dapat mempermudah transportasi masyarakat yang berada di empat dusun tersebut untuk keluar masuk desa. Selama ini akses keluar-masuk harus melalui Kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Labura, tetapi sekarang ini dapat menggunakan akses jalan desa tersebut.

Bupati Asahan Surya BSc mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada CV SSP dan masyarakat Desa Aek Bange yang telah memberikan bantuannya, baik itu dalam bentuk material maupun lainnya dalam pembangunan Jalan Desa Raja Tongah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Aek Bange maupun masyarakat desa lainnya.

“Tanpa kita sadari dengan adanya jalan desa ini akan membuat peningkatan pada sektor ekonomi masyarakat sekitar, yang selama ini akses jalan tersebut tidak dapat dilalui, tetapi saat ini akses jalan tersebut dapat dilalui oleh masyarakat banyak,” kata Surya.

Selanjutnya Bupati Asahan berpesan kepada Camat Kecamatan Aek Ledong, Kades Ledong Timur dan masyarakat Desa Ledong Timur dapat secara bersama-sama menjaga jalan desa ini tetap dalam keadaan baik dan terjaga.

“Karena menjaga jalan desa ini tetap dalam keadaan baik dan terjaga itu adalah tanggung jawab kita bersama,” pesan Surya. (per/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button