Berita

Jalan Penghubung Raya-Raya Kahean Nyaris Putus Tergerus Longsor

FaseBerita.ID – Ruas jalan di di Nagori Siporkas Dusun Bahpasusang, Kabupaten Simalungun, yang merupakan jalan penghubung Raya-Raya Kahean, nyaris putus digerus longsor akibat curah hujan tinggi sepekan terakhir.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Mangapul Purba dan Roni Situmorang, didampingi anggota DPRD Simalungun  Jamerson Saragih beserta BPDB Provinsi Sumut, meninjau langsung ke lokasi jalan provinsi yang nyaris putus di beberapa tempat di Kecamatan Raya itu.

Jalan ini merupakan jalan penghubung. Jadi sangat dibutuhkan masyarakat Raya Kahean untuk melakukan segala kepentingan ke ibu kota Kabupaten Simalungun yang berada di Pematang Raya.

Namun saat ini jalan ini nyaris putus di dua titik akibat curah hujan yang terus menerus turun menggerus tembok penahan yang ada di sisi jalan.

Warga Raya Kahean berharap agar pemerintah provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Simalungun segera melakukan perbaikan jalan yang saat ini kondisinya sangat berbahaya, bila sedang melintas menggunakan roda dua dan empat.

Apabila jalan ini putus total maka warga yang menuju ibukota Kabupaten di Pematang Raya harus berputar melalui Serdang Badagai dan Pematangsiantar dengan jarak tempuh selama 3 jam .

Mangapul Purba dan Roni Situmorang

“Kita akan memperjuangkan secepatnya agar jalan yang nyaris putus ini segera dibangun oleh Pemprovsu dan Kabupaten Simalungun,” kata Mangapul Purba.

Sementara Camat Raya Kahean Pirdaus Girsang beserta Lurah Sindaraya L Chandra Harahap mengimbau kepada masyarakat yang melintasi daerah itu agar lebih berhati-hati.

Pihaknya juga berharap agar pemerintah secepatnya memperbaiki jalan tersebut.

“Kita berharap agar secepatnya dilakukan perbaikan. Tetapi, kepada masyarakat kita imbau agar lebih berhati-hati saat melintas agar tidak menjadi korban. Kita akan berupaya melakukan yang terbaik,” pungkasnya. (her)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button