Berita

Jalan Penghubung Dua Desa Rampung, Danrem 023/KS: Mari Sama-sama Menjaga dan Merawat

Danrem 023/KS: Mari Sama-sama Menjaga dan Merawatnya

PALAS, FaseBerita.ID – Danrem 023/KS Letkol Inf Tri Saktiono dalam penutupan TMMD ke-105 Kodim 0212/TS, Kamis (8/8/2019) di Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas meninjau langsung bangunan TMMD berupa jalan sepanjang 4.2 Kilometer menghubungkan Desa Hutaraja Lamo dan Mondang di kecamatan itu.

Pada kesempatan itu Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono membacakan amanat Pangdam I/BB Mayjend TNI MS Fadila menyampaikan, program TMMD ke-105 yang dilaksanakan secara serentak di enam wilayah kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan, yakni Kodim 0209/Labuhan Batu, Kodim 0212/ Tapanuli Selatan, Kodim 0313/ Kampar, Kodim 0321/Rohil, Kodim 0304/Agam, dan Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun.

TMMD yang diprogramkan sebanyak tiga kali di tahun 2019 ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Hal ini tentunya sejalan dengan tema pada pelaksanaan TMMD ke-105 tahun 2019. “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Pelaksanaan TMMD ke-105 ini diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan sasaran non fisik. Dari segi pembangunan fisik, satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan jalan baru, peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah, serta perbaikan rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana untuk masyarakat.

Untuk itu, Pangdam I/BB berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun, sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat.

Danrem 023/KS juga menyampaikan selain pembangunan fisik, program TMMD juga melaksanakan pembangunan non fisik, berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, narkoba dan masih banyak lagi, yang diharapkan dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat, khususnya generasi muda, agar memiliki karakter bangsa, yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi terciptanya kemandirian bangsa.

Pada kesempatan itu, Pangdam I/BB juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD terdapat perilaku atau tutur kata prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat.

“Kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD, Pangdam I/BB menekankan memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dalam membantu setiap kesulitan rakyat sekaligus sebagai pendorong motivasi bagi rakyat. Karena tni lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” pungkasnya.

Dalam peninjauan bangunan TMMD, dua desa dan jalan yang dibangun masih terputus oleh Batang Sungai Batang Sosa yang memiliki lebar sekira 30 meter.

Bupati Padang Lawas Ali Sutan Oloan Harahap mengungkapkan, hal itu akan mereka bahas dalam Musrenbang Kabupaten termasuk pada peningkatakan jalan yang telah dibuka dan dibangun dari TMMD ini. (san)

iklan usi



Back to top button