Berita

Jalan Pakkat-Barus Putus Dihantam Arus Sungai Muara Suhat

FaseBerita.ID – Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di Muara Suhat Desa Sijungkang, Kecamatan Andam Dewi, Tapanuli Tengah.

Akibatnya jalan lintas Sumatera di desa itu yang menghubungkan Pakkat-Barus, tepatnya di kilometer 75 atau sekitar 5 kilometer dari arah Barus, terputus setelah diterjang arus sungai Muara Suhat.

Peristiwa terjadi pada Sabtu (21/9/2019) sekira pukul 23.20 WIB. Hal itu berawal saat hujan deras di wilayah itu mengakibatkan naiknya debit air sungai. Sejak pukul 20.25 WIB, sungai di sekitar lokasi sudah meluap dan merendam 10 rumah warga. Ternyata, hujan tak langsung berhenti dan membuat debit air sungai meningkat.

Selanjutnya sekira pukul 23.20 WIB, Jalan Lintas Barus-Pakkat Km 75 tergerus sungai. Bahkan setengah badan jalan tergerus air sungai. Akibatnya, sejumlah kendaraan dari Medan menuju Barus terpaksa menginap karena tak bisa melalui jalan putus itu.

Menurut warga sekitar, Sahat (34) dan Mangor Matondang (38), jalan itu putus setelah luapan air sungai menggerus lokasi. “Awalnya sedikit demi sedikit, dikikisnya tanah dan jalan itu. Kini tak bisa dilalui lagilah,” ungkap keduanya saling menimpali.

Kepala Desa Sijungkang Jammes Pasaribu, Minggu (22/9/2019) membenarkan hal itu. Menurutnya, tak hanya kendaraan roda empat atau lebih yang tidak bisa melintas, saat ini pengendara sepedamotor dan kendaraan roda dua lainnya pun tak berani melintas di sana. “Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, namun jalur Barus-Pakkat putus total.”

Dijelaskan Jammes, pihaknya bersama warga kemudian melakukan gotong royong untuk memperbaiki jalan dengan alat seadanya. Meski tidak bisa bagus secara total, namun perbaikan yang dilakukan warga membuahkan hasil. Satu persatu sepedamotor dan mobil pribadi, kini bisa melintas dengan panduan warga yang berjaga di sana.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil IX Rahmansyah Sibarani mengatakan bahwa ia bersama anggota DPRD provinsi lainnya sudah bertemu langsung dengan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Bahkan katanya, Wakil Gubernur sudah memerintahkan Kadis Pekerjaan Umum Provisni Sumatera Utara Efendi Pohan untuk segera menangani putusnya Jalinsum Barus-Pakkat, serta menurunkan alat berat ke lokasi. (gp)

iklan usi



Back to top button