Berita

Jalan Kecamatan di Nias Utara Perlu Perbaikan

FaseBerita.ID – Warga meminta Pemerintah Kabupaten Nias utara memperbaiki jalan kecamatan yang rusak terutama dari Kecamatan Alasa Talumuzoi menuju Desa Ombolata, Kecamatan Alasa, karena kondisinya yang sudah berlubang sehingga susah untuk dilalui kendaraan bermotor.

Warga setempat, Toro Hulu yang dimintai tanggapannya mengenai kondisi jalan Kecamatan Alasa Talumuzoi menuju Desa Ombolata, Kecamatan Alasa yang rusak tersebut, menyebutkan masyarakat sangat berharap pemerintah daerah setempat segera melakukan tindakan dengan melakukan perbaikan.

“Kami berharap jalan menuju daerah kami diperbaiki, karena sebagian besar sudah rusak dan sering menyebabkan pengguna jalan kecelakaan,” ungkap Toro Hulu, Kamis (11/4).

Dari Toro Hulu diketahui, jalan menuju ibu kota Kecamatan Alasa sudah lama tidak pernah diperbaiki, sehingga kini banyak yang rusak dan berlubang.

“Dulu saat jalan masih bagus, saya dari Kota Gunungsitoli bisa tiba di ibu kota Kecamatan Alasa kurang lebih 45 menit, tetapi sekarang paling cepat 1,5 jam,” keluhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ama Mira yang ditemui di tempat berbeda, yang juga mengeluh rusaknya akses jalan menuju Kecamatan Alasa.

“Parah sekali jalannya pak, kalau ke sana siap-siap saja kendaraan kita rusak kalau pulang,” jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Nias Utara Bernart Nazara yang dihubungi menyebutkan jalan dari Kecamatan Alasa Talumuzoi menuju Desa Ombolata, Kecamatan Alasa, akan diperbaiki secara bertahap.

“Tahun ini ada anggaran telah ditetapkan sebesar kurang lebih Rp1 miliar sampai Rp2 miliar untuk perbaikan jalan tersebut,” terangnya.

Namun dia tidak bisa memastikan berapa panjang yang akan diperbaiki, tetapi perbaikan dimulai dari Desa Ombolata, Kecamatan Alasa mundur ke belakang menuju Kecamatan Alasa Talumuzoi.

“Perbaikan tahun ini dimulai dari Desa Ombolata mundur ke belakang, dan kita belum bisa memastikan panjang jalan yang diperbaiki, karena tergantung anggaran dan perbaikan dilanjutkan tahun depan,” katanya. (ant/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button