Berita

Jaga Kekondusifan Pra Tahapan Pilkada, Baliho Balon Walikota Segera Ditertibkan

FaseBerita.ID – Menjelang pra tahapan Pilkada 2020, Bawaslu Kota Sibolga menggelar pertemuan dengan beberapa stake holder yang berkaitan dengan Pemilu. Di antaranya, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pemko Sibolga, TNI/Polri serta pengurus partai politik.

Pertemuan yang berlangsung di kantor Bawaslu Kota Sibolga tersebut membahas seputar baliho dan spanduk Bakal Calon (Balon) Walikota dan wakil Walikota yang mulai banyak dipasang ditempat-tempat umum di Kota Sibolga.

Selain mengganggu keindahan kota, spanduk dan baliho liar tersebut juga dinilai rentan terhadap pertikaian antar pendukung balon. Seperti yang pernah terjadi beberapa bulan lalu, spanduk salah satu balon walikota dirusak dan dicuri oleh orang tak dikenal (OTK). Sementara, baliho balon lainnya yang juga dipasang di sebelah baliho tersebut tidak dirusak. Untuk menjaga kekondusifan menjelang pra tahapan Pilkada, maka perlu dilakukan penertiban.

Sehingga, dalam pertemuan tersebut disepakati, akan dibuat surat keputusan bersama yang isinya menyetujui penertiban baliho dan spanduk oleh SatPol PP dibantu dari pihak Kepolisian. Dan surat keputusan tersebut sekaligus sebagai payung hukum petugas dalam melakukan penertiban.

Darwis Sibarani, Komisioner Bawaslu Sibolga dalam keterangan persnya menyebut, langkah awal sebelum melakukan penertiban, pihaknya akan segera memanggil para balon walikota yang telah memasang baliho dan spanduk.

“Hari ini sudah ada kesepakatan bersama, Bawaslu, KPU, TNI/Polri, partai politik dan pemko Sibolga. Bawaslu akan mengundang bakal calon yang memasang baliho. Kita akan kasih saran-saran dan akan menunjukkan hasil rapat hari ini. Setelah mereka menyetujui, akan kita suruh menandatangani surat pernyataan bersedia ditertibkan, baliho dan spanduk yang dipasang,” kata Darwis, Jumat (28/2).

Kemudian, Bawaslu akan mengarahkan para balon untuk memasang spanduk dan baliho di tempat yang sudah ditentukan oleh Pemko Sibolga. “Satpol PP harus menentukan titik di mana balon bisa memasang balihonya,” ungkapnya.

Berdasarkan surat kesepakatan tersebut, lanjut Darwis, Balon Walikota yang tidak mengindahkan akan ditertibkan tanpa pemberitahuan. “Sudah ada kesepakatan. Kalau tetap masih dipasang di luar dari tempat yang kita sepakati, maka akan ditertibkan oleh Satpol PP,” tegasnya.

Sementara, Satpol PP Sibolga yang diwakili oleh Kasubbag Program dan Keuangan, Sahman Pane dalam keterangnya mengaku kalau sebelumnya mereka sudah gencar melakukan penertiban baliho dan spanduk balon walikota yang dipasang di tempat-tempat terlarang. Seperti, sekolah, fasilitas dan pohon.

“Kalau tempat-tempat yang dilarang sesuai Perda, sudah kita tertibkan. Tapi kadang, habis kita turunkan, dipasang lagi,” kata Sahman.

Namun, untuk penertiban spanduk dan baliho di lokasi lain, harus diikuti dari aparat kepolisian. Karena menurutnya, pihaknya tidak punya payung hukum untuk itu. “Harus bersama-sama dengan pihak Kepolisian. Kita juga gak mau gara-gara itu kita dituntut,” tegasnya. (ts)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close