Berita

Jadwal Pleno Penetapan Calon Terpilih Tunggu Keputusan MK

PALUTA, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paluta menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang perhitungan kursi dan penetapan calon terpilih dalam Pemilu 2019. Kegiatan yang dibuka Ketua KPU Ongkusyah Harahap dilaksanakan di Aula Cafe Keluarga, Kamis (8/8/2019).

Ketua KPU Paluta Ongkusyah Harahap dalam sambutannya menyampaikan, bimtek bertujuan untuk membangun kesepahaman dan pengetahuan mengenai mekanisme penetapan calon terpilih antara KPU, Bawaslu dan Parpol peserta Pemilu tahun 2019.

Selain itu, bimtek ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang metode Sainte Lague atau perolehan suara sah Parpol dibagi dengan bilangan bagi ganjil yaitu 1, 3, 5, 7 dan seterusnya.

“Melalui Bimtek, kita berharap agar semua pihak yang bersangkutan bisa lebih memahami tentang mekanisme penetapan calon terpilih nantinya,” ujarnya.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Herisal Lubis yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan tentang mekanisme penetapan calon terpilih dan mengenai alur untuk penghitungan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih DPRD Kabupaten/kota yang dimulai dari penetapan hasil pemilu, penyusunan peringkat suara sah setiap calon, penghitungan dan penetapan perolehan kursi hingga penetapan calon terpilih.

Ia juga memaparkan mengenai perolehan suara sama parpol, maupun calon legislatif, serta menjelaskan terkait mekanisme perlakuan bagi suara yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosdikilih, SDM dan Parmas M Nafsir Rambe mengatakan, untuk jadwal pleno penetapan calon terpilih di Paluta masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Masih menunggu hasil keputusan dari MK terkait gugatan atau sengketa Pemilu dari peserta. Untuk putusan MK terkait sengketa yang ada di daerah Paluta dijadwalkan akan dilaksanakan besok (hari ini, red) (9/8/2019) dan setelah itu akan kita laksanakan pleno penetapan sesegera mungkin,” jelasnya.

Sebab katanya, jika MK sudah mengeluarkan putusan dan menyampaikan pemberitahuannya kepada KPU RI, sesuai aturan, paling lambat 5 hari setelah putusan tersebut diterima, KPU harus melaksanakan pleno penetapan caleg terpilih.

Bimtek diisi dengan sesi dialog dan tanya jawab antara peserta dengan narasumber serta pihak komisioner KPU dan Bawaslu Paluta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner KPU M Nafsir Rambe, Herisal Lubis, Yusran Harahap dan Lidiyawati Harahap, Ketua Bawaslu Paluta Panggabean Hasibuan beserta dua Komisioner lainnya yakni Mus Muliadi Siregar dan Rizky Atia Arfha Hasibuan, perwakilan Pemkab Paluta serta diikuti oleh jajaran pengurus dan pimpinan partai politik yang ada di Paluta. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button