Berita

Jabusihol Didik Anak-anak Kelola Sampah

SIANTAR, Faseberita.ID – Jabusihol bersama komunitas di Kota Siantar yang bekerjasama dengan salah satu Seniman dari Jakarta bernama Baja mengadakan kegiatan yang bertema mencegah sampah menjadi sampah.

Uniknya dari kegiatan ini mereka mengajak anak-anak untuk membuat kreasi dari sampah plastik. Acara semakin menarik dimana anak-anak sangat antusias dalam membuat kreasinya.

Berbagai kreasi diciptakan oleh anak-anak tersebut. Ada yang membuat mainan dari botol plastik, tempat bunga dan berbagai kreasi lainnya. Tak hanya itu saja, komunitas yang hadir pun turut berbaur dengan anak-anak untuk membuat kreasi.

Seperti vokalis dari Punxgoaran Guido Hutagalung dan salah satu MC kondang di Siantar Roselina Sitepu, dan juga ada penampilan tor-tor Simalungun yang dibawakan oleh komunitas Tarian tor-tor Simalungun. Mereka berbaur dengan anak-anak untuk membuat kreasi bersama-sama dari sampah botol plastik.

Baja, saat dikonfirmasi di lokasi menerangkan, kegiatan ini sudah dia lakukan di lima daerah.

“Tujuan kita ke lokasi-lokasi tersebut untuk mengajak anak-anak, orang dewasa, maupun pemerintah kota setempat untuk lebih memanfaatkan limbah sampah,” ujarnya.

“Ini bukan yang pertama. Kegiatan seperti ini sudah kita buat di Parapat, Dairi, Medan, Tanjungbalai dan Siantar. Kita juga berharap kepada pihak-pihak sekolah agar kesenian-kesenian seperti inilah semakin ditingkatkan,” sebutnya.

Tim kreatif dan anak-anak tampak dengan riang membuat kreativitas mereka dengan sisah botol plastik.

Baja menyebutkan jika kegiatan ini berguna mendidik anak-anak sejak dini bagaimana mengelolah sampah menjadi barang yang berguna. Agar si anak tersebut lebih manfaat waktu nya mengerjakan yang lebih berguna dan meningkatkan kreativitas si anak.

“Kitakan sudah tau kalau sampah itu paling sulit diurai, makanya dari pada kita ribut-ribut tidak jelas, kita berfikir membuat suatu kegiatan nyata, anak-anak inikan masa depan kita kelak, jadi sejak dini kita ajarkan kepada mereka cara mengelolah sampah. Dan membentuk kreatif mereka untuk modal kelak di kemudian hari,” ujarnya.

Camat Siantar Marimbun Jan Purba yang turut hadir sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan  tersebut, dan dia bersama Kecamatan Siantar Marimbun sudah berencana membuat program pengelolaan sampah.

“Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang harusnya ditingkatkan, makanya kita dari Kecamatan yang dibantu oleh teman-teman kreatif di Siantar akan membuat pengelolaan sampah menjadi batu bata dan closed dari plastik,” katanya.

Jan Purba juga menambahkan bukan hanya untuk hari ini saja. Pemko Siantar melalui Kecamatan Siantar Marimbun dan bekerja sama dengan tim kreatif yang ada di kota Pematangsiantar akan melakukan kegiatan ini agar kedepannya juga terlaksana.

“Saya selaku Camat Siantar Marimbun akan mengusulkan ke Pemko agar kegiatan-kegiatan seperti ini dilaksanakan. Karena kegiatan yang positif seperti ini kan sangat dibutuhkan. Kita akan melakukan program-program kreatif lainnya di kecamatan Siantar Marimbun dimana untuk menambahkan SDM masyarakat dan juga kemajuan masyarakat nya,” ujarnya. (Mag 04)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close