Berita

Jabatan Kasek Bukan Lagi Tugas Tambahan

FaseBerita.ID – Jabatan kepala sekolah (Kasek) sebagai mana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah atau Madrasah, tidak lagi menjadi tugas tambahan pada unit kerja sekolah.

Perkembangan tadi ditengarai sudah tidak sesuai dengan dinamika dan perkembangan pengelolaan pendidikan nasional.

Kepala sekolah harus menjadi direktur yang mampu menata dan mengatur, hingga melakukan supervisi untuk kemajuan dunia pendidikan sesuai dengan Permendiknas No 6 Tahun 2018, tentang Penugasan Guru sebagai kepala sekolah.

“Beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan mellakukan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Ini dimaksudkan untuk mengembangkan sekolah dan meningkatkan mutu sekolah sesuai standar nasional pendidikan,” kata Kacabdis UPT SMA dan SMK Taput Humbahas Samsul Bachri Purba melalui Kasie SMK Tumbur Silitonga, di ruang kerjanya, Rabu (26/2).

Di samping itu, sambung Tumbur, kepala sekolah harus membuat perencanaan dan melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

“Kasek juga dapat melakukan pembelajaran atau pembimbingan agar proses pembelajaran atau pembimbingan tetap berlangsung pada satuan pendidikan yang bersangkutan. Ini merupakan tugas tambahan diluar tugas pokoknya,” sebutnya.

Untuk menjadi Kasek, seorang guru harus memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) berupa sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga teknis Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala sekolah (LPPKS).

“Syarat ini sangat mengikat. Jika tidak, semua produk hukum yang dilahirkan kepala sekolah akan berakibat batal demi hukum. Permendiknas juga mengamanatkan agar kepala daerah patuh dan taat dalam pengangkatan dan penempatan kepala sekolah,” tukasnya.

Secara teknis, pihak Kementerian sudah menyampaikan Surat Edaran (SE) No 18536 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai Kasek, sebagi tindak lanjut dari Permendiknas.

“Pada SE itu, sudah ditegaskan bahwa kepsek bukan lagi tugas tambahan namun lebih pada managerial yang intinya membawa sekolah lebih maju dan lebih bertanggung jawab,” pungkasnya. (sht/sr)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker