Berita

Isu Penanganan Covid-19 Bisa Pengaruhi Paslon PDIP di Pilkada

JAKARTA, FaseBerita.ID-Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri langsung memerintahkan kepada calon kepala daerah yang diusung di Pilkada serentak 2020. Instruksinya adalah untuk bergotong royong membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangani pandemi Covid-19.

Perintah itu disampaikan Megawati saat memberikan rekomendasi kepada 45 calon kepala daerah yang diusung PDIP pada Jumat (17/7). Menanggapi hal itu,
Direktur Populi Center, Usep S Akhyar mengatakan, isu Covid-19 diprediksi akan muncul di Pilkada.

Menurut Usep, bila benar-benar dijalankan oleh calon kepala daerah, intruksi yang disampaikan Megawati ini akan berdampak positif bagi proses pemenangan PDIP di Pilkada serentak tahun 2020.

“Terutama bagi inkumben, isu covid-19 ini akan panas di Pilkada. Karena akan menjadi isu, jika pemerintahan Jokowi yang didukung PDIP ini berhasil menangani covid-19, maka akan berdampak positif bagai calon kepala daerah yang juga diusung PDIP,” kata Usep kepada wartawan, Selasa (21/7/2020).

Karenanya, lanjut Usep, PDIP sangat berkepentingan mendorog seluruh kadernya baik di struktural partai, legislatif, eksekutif bahkan calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada, untuk bergotong royong membantu Presiden Jokowi menuntaskan tugas kebangsaannya.

“Bila pandemi ini sukses dihadapi, maka efek keberhasilannya juga akan diperoleh calon kepala daerah yang diusung PDIP. Istilahnya ada efek keberhasilan Jokowi bagi peningkatan elektabilitas calon maupun bagi PDIP sendiri sebagai partai,” kata Usep.

Sebaliknya, jika pemerintah Jokowi gagal menangani Covid-19 maka itu akan jadi sentimen tersendiri bagi lawannya. “PDIP sebagai pendukung pemerintah yang berkuasa tentu akan punya efek signifikan di daerah,” pungkasnya.(jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button