HUT RI
Berita

Irigasi Hasak I Jebol Pemkab Taput Turunkan Ekskavator

FaseBerita.ID – Akibat banjir yang melanda, saluran irigasi Hasak I di Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara, jebol sejak beberapa waktu lalu. Saluran irigasi yang memasok kebutuhan air bagi lahan pertanian yang tersebar di tujuh desa maupun kelurahan di Kecamatan Tarutung ini belakangan kondisinya semakin parah.

Jika tidak ditangani segera, kerusakan di titik bangunan intake/pengambilan air akan memicu berkurangnya suplai air pada areal pertanian atau persawahan seluas 300 Ha. Terlebih lagi bila suplai air berkurang, dikhawatirkan kolam ikan masyarakat akan kekurangan air.

Demikian juga tanaman holtikultura lainnya, seperti sayuran dan cabai yang saat ini sedang digalakkan untuk menjaga ketahan pangan masyarakat.

Untuk melakukan antisipasi dan penanganan sementara, Pemkab Taput melalui Dinas PUPR akan menurunkan alat berat. “Bangunan intake tersebut sudah beberapa kali mengalami kerusakan karena belum pernah dibangun permanen, apalagi kemarin dihantam hujan cukup deras,” ungkap Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Jumat (3/7).

Dalan mengungkapkan, jaringan irigasi Hasak I tersebut merupakan kewenangan Provinsi Sumatera Utara, sehingga APBD Taput tidak boleh digelontorkan.

“Walaupun demikian, karena yang terdampak petani kita, atas instruksi Pak Bupati akan dilakukan penanganan darurat dengan menurunkan alat berat ekskavator dan memberikan keranjang bronjong kawat siap pakai,” ujarnya.

Dan untuk itu, Dalan mengatakan telah meminta kepala desa untuk menggerakkan masyarakat bergotong royong pada hari Jumat hingga Sabtu. “Akan ada gotong royong di lokasi itu untuk melakukan penanganan sementara, menunggu usulan kita ke propinsi terealisasi,” ungkapnya.

Adapun usulan yang dimaksud Dalan, yakni penanganan permanen dengan membangun bendung. “Sudah masuk dalam e-Musrenbang Provsu TA 2021 karena kewenangan irigasi itu berada di tangan Provinsi dan Pemkab Taput kembali akan menyurati Gubernur Sumut agar menjadi prioritas utama pada tahun 2021,” urainya. (as)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button