Berita

Innalillahi, Calon Haji Itu Meninggal

FaseBerita.ID – Fakhruddin Pulungan bin Abubakar Pulungan (63), jamaah calon haji asal Kota Padangsidimpuan yang sempat dilarikan ke IGD RSUD Kota Padangsidimpuan saat pemberangkatan, akhirnya meninggal dunia di RSUP Adam Malik, Kota Medan, Sabtu (20/7/2019) petang.

Pensiunan guru sekaligus Ustadz Kampung Losung, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan ini tiba di rumah duka Jalan Teuku Umar nomor 44 pada pukul 05.00 WIB, Minggu (21/7/2019) subuh. Setelah perjalanan panjang dari Kota Medan, Sabtu kemarin pukul 18.00 WIB.

Sang istri, Khairani Ritonga melanjutkan perjalanan haji. Setelah mendiang Fakhruddin memintanya untuk meneruskan menunaikan ibadah yang merupakan rukun islam kelima itu.

“Napolai, palalu ma aha na madung ita rencana on on (Tidak apa-apa, teruskan saja apa yang sudah kita rencanakan ini),” kata Dedek Ismail Pulungan, anak almarhum Fakhruddin menceritakan pesan terakhir sang ayah.
Kepada mereka, tujuh anak-anak almarhum. Pesannya agar menjadi anak yang saleh, dan berbakti. Menurut Dedek, sang ayah selama ini hanya diketahui mengalami sakit jantung.

“Disembunyikannya, mungkin karena sudah tekadnya ayah sudah kuat untuk berhaji ini. Diperiksa dokter, ada juga ginjal, sama asam lambung. Komplikasi,” ungkap Dedek.

Jenazah almarhum dimakamkan setelah sholat dzuhur di Pemakaman Muslim Kampung Losung. Meski proses pemakaman sudah selesai. Pelayat masih begitu ramai memadati rumah duka di ujung Jalan Teuku Umar itu.
Sebelumnya, Jumat (19/7/2019) sore kemarin, Fakhruddin dilarikan keluarga ke IGD RSUD Kota Padangsidimpuan setelah lemas sesaat sebelum pemberangkatan dari halaman Masjid Raya Kota Padangsidimpuan. Jemaah Calhaj ini di rumah sakit sempat dipasangi oksigen dan infus.

Namun, beberapa jam kemudian. Almarhum kemudian mendesak agar menyusul ke Kota Medan dan dirawat di rumahsakit di kota itu. Rencananya bila sudah lega, ia akan segera menyusul ke Asrama Haji untuk meneruskan ibadah haji bersama sang istri yang telah lebih dahulu di tempat itu. Namun takdirnya, jamaah haji yang berangkat dengan kloter 09 itu, menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 17.00 WIB, Sabtu. (san)

iklan usi



Back to top button