Berita

Ini Jadwal Pendaftaran dan Penetapan Calon Pilkada Madina

FaseBerita.ID – Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal terus menyelesaikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Mulai dari tahapan persiapan hingga penyelenggaraan.

“Jadi yang perlu kita ketahui tahapan pemilihan itu dibagi menjadi dua, yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.Saat ini kita masih di tahapan persiapan. Biarpun begitu tahapan keduanya sama-sama berjalan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal Fadhillah Syarief.

Tahapan persiapan yang akan dilaksanakan kedepan adalah pengumuman DPS tanggal 19-23 September 2020, penetapan DPT tanggal 28 Oktober- 6 Desember 2020. Sedangkan untuk tahapan penyelenggaraan di Madina akan dilaksanakan tanggal, yaitu pengumuman pendaftaran calon.

“Karena di Madina tidak ada calon perseorangan maka kita akan langsung ke pengumuman pendaftaran calon,” kata Syarief.

Selanjutnya pada tanggal 4 hingga 6 September pendaftaran pasangan calon, verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon tanggal 4 hingga 22 September, penetapan pasangan calon 23 September hingga 9 November termasuk ke dalamnya jadwal ketika ada sengketa dalam penetapan pasangan calon.

Untuk pelaksanaan kampanye sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil suara tanggal 9 hingga 16 Desember.

“Pemilihan akan dilaksanakan di tanggal 9 Desember, dan apabila ada sengketa sudah ada mekanisme yang disiapkan, untuk lebih jelas bisa dilihat di PKPU Nomor 5 Tahun 2020,” kata Syarief.

KPU sendiri sangat berharap kepada masyarakat agar antusias dan partisipatif dalam proses penyelenggaran Pilkada ini.

“Semoga masyarakat menggunakan hak pilihnya dan kepada tim kampanye calon kami berharap mereka kooperatif, ikuti aturan main dan tidak usah kita bermanuver untuk mencari kesalahan-kesalahan tim yang lainnya,” ujar Syarief.

“KPU sendiri siap menjalankan semua rangkaian pilkada ini sesaui dengan aturan yang sudah ditetapkan dan demi kelancaran pilkada perlu kerjasama semua pihak,” tambahnya. (tim)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button