Berita

Ini Harapan dan Dukungan Mantan Guru SMTP Raya Terhadap Radiapoh

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Pasangan suami istri yang merupakan pensiunan guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Pematangraya, Fridani Tarigan dan Cipto Barus turut berbangga dengan pencapaian seorang murid mereka, Radiapoh Hasiholan Sinaga yang kini maju menjadi bakal calon bupati Simalungun Pilkada 2020.

Bagi keduanya, sosok Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) yang mulai menjadi buah bibir di Kabupaten Simalungun, adalah hal yang sangat mengagetkan.

“Kaget saya si Radiapoh. Dari yang dulu, berbeda lah dia sekarang. Gak sangka tapi kalau dia jadi orang sukses sudah kami dengar,” ujar Fridani Tarigan, guru bahasa Inggris RHS kala itu.

SMK Negeri 1 Pematangraya saat ini, di masa lalu adalah sekolah dengan konsep pertanian termahsyur di Pulau Sumatera. Berdiri tahun 1982, sekolah ini bernama awal Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMPTP) Pematangraya.

Bagi Fridani Tarigan, sekolah ini merupakan yang populer dan favorit di Sumatera. Tak banyak yang bisa masuk ke sekolah yang menerapkan seleksi ketat kala itu.

“Karena ini dulu pertanian, kan. Pertama waktu itu. Seleksi ketat, dan apalagi dulu sekolah kan gak banyak. Makanya lulusannya banyak yang berhasil,” ujar sarjana Bahasa Inggris dari Universitas HKBP Nomensen.

Sosok RHS di mata Fridani bukan anak yang bandal. Malah mudah kompak dengan para guru dan siap kerja (praktik). Di sekolah ini, RHS mengambil konsentrasi mekanisasi pertanian dan lulus pada tahun 1988.

Fridani punya cara untuk mengenal sosok alumni SMTP Raya yang bandal atau tidak.

“Biasanya dia yang bandal yang kita ingat. Tapi Radapoh adalah orang yang biasa aja memang waktu itu. Gak mencolok. Seingat saya dia orang Tigarunggu yang kami kenal dengan murid murid berlatar belakang keluarga petani masa itu,” ujar Fridani.

Sementara itu, suaminya, Cipto Barus yang merupakan guru Biologi Radiapoh waktu itu tak kalah herannya.

“Dia (Radiapoh) anak kita ini. Kita dukunglah ujar Fridani menirukan suara Cipto Barus saat ditemui di kediamannya, di Jalan Raya – Siporkas, Simpang Sondi, Pematangraya, Kabupaten Simalungun.

Fridani mengungkapkan, ia dan keluarga sempat bertemu dengan muridnya yang ingin mencalonkan Bupati Simalungun berpasangan dengan Zonny Waldi itu. Pertemuan tak terencana itu terjadi di Kecamatan Haranggaol Horisan, beberapa waktu lalu.

“Saya masih ingat dia, dan dia juga ingat saya yang menjadi gurunya. Sempat kok foto bersama kami,” kata Fridani.

“Saya bangga anak didik saya bisa sukses seperti itu. Saya yakin majulah Simalungun dibuatnya itu. Karena Radiapoh itu menurut saya namanya dari kata Ready. Selalu siap,” ujar wanita yang 37 tahun mengajar di SMTP atau SMK Negeri 1 Raya.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button